Scroll to Top

Mazda Kembangkan Mesin Rotary Lebih Irit dan Rendah Emisi

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 26 Feb 2013

mesin rotary

Mazda belum punya keinginan unu menghentikan produksi mesin rotary yang mejadi kebanggaannya. Bahkan, Mazda bermaksud mengembangkan kualitas mesin menjadi lebih baik. Mesin rotary ini sudah menjadi merek dagang dari produsen dari Jepang ini. Hanya saja, selama ini mesin rotary dinilai memiliki efisiensi yang rendah. Terakhir, Mazda memasangkan mesin tersebut pada mobil besutannya Mazda RX-8.

Memang berat kondisi yang dihadapi mesin rotary ini. Pada pemakaian di RX-8, misalnya, mobil ini mendapatkan kritik keras. Output dari pembakaran bahan bakarnya tidak lolos uji emisi. Juga, pemakaian bahan bakar terbilang boros.

Untuk itulah, pada pengembangan mesin selanjutnya, Mazda akan lebih fokus pada peningkatan efisiensi bahan bakar. Seperti dikutip Inautonews, Mazda masih punya kesempatan untuk meningkatkan mutu mesin rotary. Mazda sendiri sudah mengumumkan teknologi terbaru yang akan dterapkan pada mesin rotary yang diberi nama SkyActiv.

Dengan tenologi tersebut, mesin rotary diproyeksikan menjadi salah satu mesin mobil yang irit dan ramah lingkungan. Mazda juga menggunakan sistem ingnition yang lebih maju untuk mengoptimalkan hasil yang ingin dicapai.

Mungkin tidak dalam waktu dekat mesin rotary generasi baru ini akan dirilis. Menurut sumber dari insinyur Mazda, setidaknya masih memerlukan riset selama lima tahun untuk mencapai hasil final. Sementara itu menurut CEO Mazda, Takashi Yamanouchi, pihak memastikan bahwa pengembangan mesin tersebut tetap berlangsung selama dirinya masih menjadi bos di perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda