Scroll to Top

Condet, Kampung Wangi di Jakarta

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 26 Feb 2013

condet

Mau tahu kampung paling wangi di Jakarta? Datang saja ke kawasan Condet. Sebab, di sana berkumpul banyak pedagang minyak wangi dengan beragam pilihan aroma. Dan, di sana banyak dijual adalah bibit minyak wangi. Anda bisa mendapatkannya untuk kulakan dan dijual lagi, atau dijadikan parfum dipakai sendiri.

Jalan Raya Condet menjadi nafas hidup pedagang minyak wangi di sana. Kawasan tersebut dulunya didiami warga asli Betawi. Seiring berjalannya waktu, terjadi percampuran warga yang berasal dari etnis Arab. Ini terjadi karena warga asli Condet mulai banyak yang menjadi tenaga kerja untuk wilayah Timur Tengah. Bertemunya dua masyarakat ini terjadi sekitar tahun 1980-an.

Dikutip dari Tourism News, di Condet terjadi pula percampuran budaya sekaligus kebiasaan baru dalam berdagang. Warga keturunan Arab yang mendiami tempat itu dikenal suka menjajakan minyak wangi sebagai salah satu komoditinya. Mereka juga suka piawai meracik aroma parfum sehingga  keharumannya menjadi istimewa. Salah satu keuntungan juga ketika datang ke Indonesia adalah, lebih mudah mendapatkan minyak kayu gaharu dan cendana. Ternyata, dua minyak ini amat digemari sebagai salah satu campuran paling penting dalam tradisi parfum di Timur Tengah.

Karena terkenalnya kawasan Condet sebagai pemasok bibit minyak wangi berkualitas, banyak pedagang dari luar Jakarta memilih kulakan di tempat ini. Tercatat, pedagang dari Surabaya, Aceh, dan kota lain banyak yang mengambil stok dagangan dari Condet.

Konsep berdagang ala Condet pun mulai banyak diadopsi di berbagai daerah di Indonesia. Parfum kini tidak hanya menjadi dominasi industri besar. Untuk mendapatkan aroma bercita rasa parfum terkenal, kini bisa didapatkan dari pedagang minyak wangi ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda