Scroll to Top

La Nyalla Tuding FIFA Langgar Kesepakatan Terkait Kongres PSSI

By Aditya / Published on Tuesday, 26 Feb 2013

La Nyalla Mattalitti

Petinggi KPSI, La Nyalla Mattalitti, menuding FIFA telah melanggar kesepakatan terkait dengan pelaksanaan kongres PSSI. Menurut La Nyalla, sesuai amanat MoU yang telah disepakati sebelumnya, seharusnya kongres yang berlangsung pada 17 Maret 2013 nanti adalah kongres biasa, bukan kongres luar biasa alias KLB.

Status kongres PSSI sendiri sempat menjadi perdebatan. Menpora, Roy Suryo, awalnya menyebut bahwa kongres nanti adalah kongres biasa. Namun, melalui surat resminya yang dikirimkan ke Menpora, FIFA justru menganggap kongres pada 17 Maret 2013 mendatang adalah KLB. Inilah yang membuat La Nyalla Mattalitti gusar.

“Soal status kongres sebenarnya tidak ada masalah. Tapi, KPSI baru bisa dibubarkan setelah terlaksananya Kongres Biasa dan bukan Kongres Luar Biasa,” kata La Nyalla Mattalitti di Jakarta belum lama ini.

Jika FIFA tetap ngotot menginginkan PSSI menggelar KLB, maka ia tidak akan membubarkan KPSI. Pasalnya, menurut La Nyalla Mattalitti, KLB PSSI bukan menjadi poin yang disepakati dalam MoU.

“Artinya, sekarang FIFA yang melanggar kesepakatan sehingga jangan salahkan kami kalau KPSI jalan terus, sebab KLB bukan amanat MoU,” tandas La Nyalla Mattalitti.

MoU yang dimaksud adalah kesepakatan yang telah ditandatangani oleh PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin dan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti dengan disaksikan perwakilan FIFA dan AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 7 Juni 2012 silam.

Oleh karena itu, La Nyalla Mattalitti menghimbau kepada Menpora untuk membicarakan status kongres PSSI nanti dengan FIFA.

“Hal tersebut merupakan tugas Menpora untuk menyurati FIFA. Saya hanya melaksanakan apa yang diperintahkan,” kata La Nyalla Mattalitti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda