Scroll to Top

5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 26 Feb 2013

ikan

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika menurut American Heart Association. Dikutip dari She Knows, Anda bisa melakukan cara sederhana  yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung:

  1. Mengambil napas dalam-dalam. Fungsi dari aktivitas sederhana ini adalah meredakan ketegangan yang dialami tubuh dan pikiran Anda. Cara tersebut juga mampu merelaksasikan pembuluh darah dan jantung.  Tekanan darah pun bisa ditekan agar tidak naik berlebihan.  Untuk melakukannya, duduklah dengan santai di tempat yang membuat Anda nyaman. Tarik napas dalam-dalam lalu keluarkan pelan-pelan, sembari membayangkan sesuatu yang membuat hati damai. Lakukan selama 10-15 ment, dua kali dalam sehari. Ini cara sederhana agar  lepas dari stres yang bisa mempengaruhi kesehatan kardiovaskular Anda.
  2. Pilih untuk memakan ikan daripada daging merah atau unggas. Ikan lebih sehat dibandingkan daging dari hewan darat. Ikan mengandung lemak yang lebih sehat dan rendah kolesterol. Sementara daging merah atau unggas mempunyai kandungan asam lemak jenuh dan seringkali kaya dengan kolesterol.  Anda bisa memilih ikan tuna, herring, salmon, makarel, bandeng, dan ikan lainnya yang mengandung asam lemak omega-3. Lemak ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  3.  Kurangi kafein dan jauhi rokok. Rokok dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Bahkan, racun rokok bisa membuat darah mengental yang membuat aliran darah tidak lancar. Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein juga bisa menimbulkan hal yang sama. Jika Anda penyuka kopi, soda, atau the, minumlah dengan kadar sedang. Rokok dan kafein turut mempengaruhi kualitas tidur yang buruk. Dalam kadar tinggi di dalam tubuh, kafein membuat seseorang mudah cemas.
  4. Jika Anda banyak duduk, lakukan relaksasi pada tubuh. Selama Anda duduk, area pantat dan paha belakang menjadi tumpuan dan bekerja lebih ekstra untuk menopang tubuh. Agar peredaran darah di sekitar area tersebut menjadi lancar, seringlah bangun dan lakukan relaksasi. Anda bisa menggerakkan tubuh yang berhubungan dengan pantat, paha, atau punggung. Lakukan relaksasi sampai tubuh Anda nyaman kembali untuk diajak duduk lagi. Menyempatkan minimal 20 menit di antara lamanya waktu duduk Anda, cukup untuk membuat tubuh segar kembali.
  5. Lakukan pengontrolan tekanan darah secara rutin. Tekanan darah tinggi adalah silent killer yag memicu serangan jantung dan stroke. Kadang orang tidak menyadari saat dirinya sedang megalami hipertensi. Dengan rutin melakukan cek tekanan darah, Anda bisa melakukan antisipasi agar hipertensi bisa dikontrol dengan obat atau makanan penurun tekanan daah. Kalau perlu, belilah alat pengukur tekanan darah yang harganya makin terjangkau saat ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda