Cristiano Ronaldo 2 Gol, Lionel Messi Hilang

Cristiano Ronaldo layak disebut legenda El Clasico. Ia tidak hanya memborong 2 gol dalam kemenangan Real Madrid atas Barcelona dengan skor 1-3 di leg kedua semifinal Copa del Rey 2013. Tetapi juga mencatatkan diri telah mencetak gol dalam enam partai tandang El Clasico. Di sisi lain, sang rival, Lionel Messi, ‘hilang’ dalam partai penting Barca vs Madrid.

“Kami bermain lebih baik daripada Barcelona. Mencetak tiga gol di Camp Nou sangat sulit,” cetus Cristiano Ronaldo seusai pertandingan. Dan, tidak ada yang membantah statemen kekasih Irina Shayk. Ia menjadi bintang lapangan, dan melenyapkan pesona Lionel Messi.

Kejadian itu terulang kembali. Setelah tak bisa berkutik dikawal tiga-empat pemain AC Milan dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champion, Lionel Messi kembali ‘lenyap’. Kali ini, Si Nomor 10 Barcelona memang tidak benar-benar menghilang. Ia tetap sangat berbahaya, nyaris mencetak 2 gol penting, tapi kalah benderang dibandingkan Cristiano Ronaldo.

Sejatinya, Messi bisa membuat keadaan duel Barca vs Madrid sama sekali lain andai tembakannya menerima umpan Pedro Rodriguez di menit kedua. Demikian pula ketika tendangan bebasnya melebar sangat tipis di sisi kanan gawang Diego Lopez.

Kontras dengan Messi, Cristiano Ronaldo mampu menyihir Camp Nou. Ia membuat segala yang sulit, tampak mudah. Pergerakannya harus diakhiri dengan tackle Gerard Pique di kotak terlarang. Penempatan posisinya yang baik juga memudahkan CR7 mencetak gol kedua. Dan, bukan kali ini saja ia mencetak gol di markas Barcelona.

Membobol gawang di Camp Nou sudah merupakan rutinitas Ronaldo sejak ia melakukannya pada leg kedua Super Copa de Espana 2011. Ketika itu Madrid memang kalah 3-2 (dan kalah agregat 4-5), tapi satu gol bisa dilesakkan CR7 untuk menjawab kualitas apa yang dimilikinya. Keadaan belum berubah di perempat final Copa del Rey 2012. Ketika itu, sebuah gol Ronaldo tak mampu membawa Madrid lolos karena kalah agregat 3-4.

Lain ceritanya yang dilakukan CR7 pada April 2012. Ia kembali hadir ke Camp Nou, mencetak satu gol, dan Los Blancos sukses menang 1-2. Plus, mengamankan gelar Liga Spanyol. Ronaldo kembali merobek gawang Barca, di Supercopa de Espana 2012. Satu golnya di Camp Nou (Madrid kalah 3-2) membuat Los Blancos akhirnya bisa menjuarai gelar tersebut, berkat agresivitas gol tandang.

Ronaldo lagi-lagi membuktikan ketajamannya dalam dua laga terakhir di Camp Nou. Setelah membuat 2 gol untuk hasil imbang 2-2 di Liga, kini dua gol juga dilesakkan Ronaldo di Copa del Rey demi mengantar Madrid ke final. Total, 8 gol dibuat CR7 dalam 6 kunjungannya ke Camp Nou.