Scroll to Top

Ginjal Juga Perlu Dijaga Kesehatannya

By C Novita / Published on Wednesday, 27 Feb 2013

menjaga kesehatan ginjal

Ginjal fungsinya adalah untuk membersihkan tubuh dari zat yang tak dibutuhkan, menyaring kotoran dari hasil metabolisme pada darah, dan mengontrol kelebihan air pada sel tubuh. Karenanya, ginjal termasuk organ tubuh yang vital fungsinya.

Menjaga kesehatan ginjal terkadang diabaikan, hingga menyebabkan fungsinya tak maksimal atau bahkan rusak. Jika sudah terjadi gagal ginjal, efeknya terhadap tubuh manusia bisa fatal.

Mulailah memelihara kesehatan ginjal dengan cara sederhana berikut ini, sebelum penyesalan Anda alami:

  • Minum air putih. Asupan air putih dapat membantu menyehatkan ginjal, sebab mengkonsumsi air putih yang seimbang sesuai kebutuhan bisa membuat ginjal tetap bersih. Lebih kurang dalam sehari manusia butuh 8 gelas air putih untuk terhindar dari dehidrasi. Membatasi minum alkohol dan minuman keras lainnya akan turut membuat ginjal sehat.
  • Yogurt. Manfaat konsumsi yogurt bagi tubuh adalah mengontrol tekanan darah agar tak naik. Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang dialami seseorang dapat merembet ke arah gagal ginjal. Jadi mengontrol tekanan darah berarti juga menghindari gagal ginjal.
  • Mengurangi garam. Kelebihan garam yang Anda konsumsi akan dibawa ke ginjal, dan mengikutsertakan juga kalsium yang terdapat dalam makanan Anda. Kehadiran kalsium dalam ginjal ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan membuatnya tak sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda