Scroll to Top

Liga Inggris: Lampard, Gerrard, dan Rooney Tak Sesempurna Leighton Baines

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 27 Feb 2013

Osman-Baines

Jika membandingkan Leighton Baines dengan trio Frank Lampard, Steven Gerrard, dan Wayne Rooney secara prestasi, tentu nama Baines bakal tersisih. Namun dalam satu perkara, bek kiri Everton itu ternyata sangat sempurna, tak seperti ketiga mega bintang Liga Inggris itu. Yakni dalam hal eksekusi penalti musim ini.

Yap, kegagalan Lampard menjebol gawang Joe Hart via titik putih akhir pekan lalu membawa nama Baines sebagai pemain asli Inggris yang menorehkan rekor 100 persen dalam mengeksekusi penalti musim ini, diantara keempat pemain tersebut.

Di semua ajang yang diikuti musim ini, Everton tercatat mendapat hadiah penalti empat kali. Dua di Premier League saat melawan Wigan Athletic dan West Bromwich Albion, dan dua kala bermain di FA Cup versus Cheltenham Town dan Oldham Athletic yang baru berakhir beberapa jam lalu.

Baines vs Oldham
Penalti Baines vs Oldham, 27 Februari 2013

Dan Baines yang merupakan eksekutor utama The Toffees, mampu melaksanakan tugasnya tanpa cela. Empat eksekusinya sukses membuahkan skor bagi Everton.

Gerrard musim ini juga tiga kali menjadi eksekutor penalti bagi Liverpool. Kesempatan itu ia dapat kala bertanding lawan Stoke City, West Bromwich, dan Swansea City. Semuanya di ajang Premier League.

Namun ternyata ia hanya berhasil menjebol gawang Asmir Begovic (Stoke) dan Michel Vorm (Swansea). Skipper Liverpool itu gagal mengecoh Ben Foster saat The Reds tumbang 0-2 dari West Brom di Anfield.

Gerrard-Foster
Penalti Gerrard vs West Bromwich, 11 Februari 2013

Rooney sedikit lebih banyak dari keduanya, yakni empat kali menjadi eksekutor penalti bagi Manchester United musim ini. Ia mendapatkannya dua kali di Premier League (lawan Arsenal dan Reading), sekali di Liga Champions lawan Braga, dan sekali di FA Cup lawan West Ham.

Namun Rooney hanya bisa menorehkan catatan keberhasilan sebesar 50 persen saja setelah dua eksekusinya ke gawang Arsenal dan West Ham meleset.

Rooney vs West Ham
Penalti Rooney vs West Ham, 16 Januari 2013

Sedangkan Lampard adalah yang paling banyak mengeksekusi penalti musim ini dibanding lainnya. Total enam kali Super Frankie mendapat tugas tersebut saat lawan Southampton di FA Cup, serta lima laga di Premier League versus Wigan Athletic, Reading, Stoke City, Arsenal, dan Manchester City. Kegagalannya merobek jala Hart dari titik 12 pas akhir pekan lalu adalah satu-satunya noda bagi Lampard musim ini.

Lampard-Hart
Penalti Lampard vs Man. City, 24 Februari 2013

Jika sudah begini, mungkin saatnya Timnas Inggris mempercayakan tugas algojo penalti pada Baines. Patut diketahui, baik Lampard, Gerrard, atau Rooney merupakan eksekutor penalti juga di tubuh The Three Lions.

Selain itu, ada satu catatan fantastis yang diperoleh Baines dalam hal tendangan penalti. Selama kariernya, ia 11 kali mendapat kesempatan menjadi eksekutor penalti. Dan ia mengakhiri semuanya dengan selebrasi kegembiraan.

So, apakah kini giliran bagi Baines untuk unjuk diri sekaligus menggusur posisi Ashley Cole dari Timnas Inggris? We’ll see.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda