Scroll to Top

Ubuntu Touch OS Tambah Dukungan 20 Smartphone dan Tablet

By Ditya / Published on Wednesday, 27 Feb 2013
Ubuntu Touch OS
Ubuntu Touch OS

Setelah Canonical merilis sistem operasi Ubuntu Touch versi preview yang ditujukan untuk perangkat tablet dan smartphone yang mendukung empat perangkat Nexus, kini Ubuntu Touch menambah dukungan hingga 20 perangkat smartphone dan tablet.

Sistem operasi Ubuntu Touch versi preview yang dirilis 21 Februari yang lalu ini ditujukan untuk para pengembang aplikasi dan kalangan enthusiast dengan mengusung beberapa fitur utama dan tentu saja masih belum sepenuhnya stabil.

Saat ini sistem operasi Ubuntu Touch ini hanya mendukung empat perangkat saja, yakni smartphone Galaxy Nexus, Nexus 4, dan tablet Nexus 7, serta Nexus 10. Canonical mengungkapkan bahwa pihaknya akan menambah dukungan Ubuntu Touch pada 20 perangkat smartphone dan tablet Android lainnya, sehingga pengguna perangkat tersebut dapat turut serta mencicipi sistem operasi Ubuntu Touch.

Perangkat baru yang akan segera didukung oleh sistem operasi Ubuntu Touch besutan Canonical ini antara lain Motorola XOOM, Sony Xperia S, Xperia T, Samsung Galaxy S3, Huawei Ascend G300, Samsung Galaxy S, Galaxy S SCL (GT-I90003), Galaxy Note, Galaxy Note 2,  Galaxy S2 (internasional), HTC One X, HTC One XL, HTC One X+, Asus Transformer Infinity, LG Optimus 4x HD, Nexus S, Nexus One, Samsung Galaxy Tab 10.1 Wi-Fi, dan Asus Transformer Pad.

Dukungan Ubuntu Touch pada perangkat lawas seperti Nexus S dan Nexus One ini cukup mengejutkan mengingat Canonical pernah menyebutkan bahwa spesifikasi minimal untuk menjalankan sistem operasi Ubuntu Touch adalah menggunakan prosesor dual-core ARM Cortex-A9.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (26/02/2013), Canonical ingin membuat sistem operasi Ubuntu Touch ini dapat di-porting untuk semua jenis perangkat dan menggandeng pengembang diseluruh dunia untuk turut membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda