Scroll to Top

Ilmuwan Ungkap Asal Meteor yang Meledak di Rusia

By Ditya / Published on Wednesday, 27 Feb 2013

Meteor Rusia

Para ilmuwan dan peneliti menganalisa dan melakukan penilitian intensif untuk mengungkap asal meteor yang meledak di kawasan Chelyabinsk, Rusia, yang telah merusak sekitar 4.000 bangunan dan melukai 1.000 orang akibat kaca yang pecah karena dahsyatnya ledakan meteor tersebut. Meteor tersebut diperkirakan berasal dari kelompok asteroid yang disebut dengan Apollo.

Peneliti dan ilmuwan telah melakukan serangkaian penelitian dan analisa dengan mengamati jalur masuknya meteorit yang meledak di Rusia tersebut untuk melacak orbitnya mengelilingi matahari.

Peneliti asal Universitas Antioquia di Medellin, yakni Jorge Zuluaga dan Ignacio Ferrin ini melacak trigonometri ketinggian, kecepatan, dan posisi meteor ketika membuat jalan atau jalur masuk ke atmosfer bumi untuk melacak asal batuan luar angkasa tersebut.

Para peneliti menggunakan rekaman video amatir seperti video traffic cam untuk mengetahui jalan masuk meteor tersebut. Mereka kemudian menggunakan metode yang disebut dengan “Monte Carlo” untuk mengetahui perilaku dan orbit meteor yang meledak dan melukai 1.000 orang tersebut.

Para peneliti dan ilmuwan mengmabil kesimpulan bahwa meteor yang meledak di kawasan pegunungan Ural, Rusia, ini berasal dari kelompok asteroid yang dikenal sebagai kelompok asteroid Apollo. Kelompok asteroid ini memang dikabarkan biasa melewati orbit Bumi.

“Berdasarkan kemiringan orbit yang rendah ini menunjukkan asal tata surya, kemungkinan besar berasal dari sabuk asteroid yang berada di antara planet Mars dan Jupiter,” kata peneliti.

Seperti nyang dilansir dari Slashgear (26/02/2013), para ilmuwan sejauh ini telah mengumpulkan ratusan pecahan atau fragmen meteorit dari relawan yang telah menjelajahi wilayah Chelyabinsk. Fragmen meteor terbesar yang ditemukan beratnya sekitar 2,2 kilogram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda