Scroll to Top

Mark Zuckerberg Dukung Gerakan ‘Coding’ Masuk Sekolah

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 27 Feb 2013

Jack Dorsey

Mark Zuckerberg, Bill Gates, Jack Dorsey dll bergabung untuk sebuah gerakan. Sebuah movement yang erat kaitannya dengan dunia mereka: gerakan ‘coding’ masuk sekolah. Kira-kira gerakan apakah itu?

Jika berbicara ‘coding’ masuk sekolah, beberapa waktu yang lalu Presiden Amerika Barack Obama pernah menyinggungnya. Kala itu ia mendukung wacana pendidikan tersebut untuk dilebur ke SMA di Amerika.

“Saya fikir itu masuk akal, saya mendukungnya,” ujar Obama dalam sesi Google+ Hangout kala itu.

Gerakan ini sejatinya sebuah himbuan agar Bahasa Pemrograman untuk dikaji dan diajarkan ke sekolah lebih intens. Sebuah yayasan nirlaba yang bernama Code.org bahkan membuat sebuah video singkat bagaimana dukungan dari pelbagai tokoh teknologi akan pentingnya ‘coding’.

Lewat video yang dipublikasikan di Youtube, ‘What most schools don’t teach’, Code.org menyoroti bagaimana sekolah-sekolah di AS kurang mendukung kurikulum tersebut. Bahkan Code.org menilai jika hampir 90% sekolah-sekolah di AS tidak mengajarkannya.

Dalam video singkat 5 menit 44 detik ini di-endorse oleh nama-nama tenar seperti Mark Zuckerberg (Facebook), Bill Gates (Microsoft), Jack Dorsey (Twitter), Drew Houston (Dropbox), hingga will.i.am (musisi).

Dalam video singkat tersebut juga ditampilkan kutipan sang inovator Steve Jobs:

“Semua orang di negara ini (AS) seharusnya belajar pemrograman komputer sebab itu akan mengajarkan mereka berfikir,” kutipan Steve Jobs yang ditampilkan di video ‘What most schools don’t teach’.

Beberapa tokoh teknologi di atas tak hanya mendukung, namun juga memberikan pendapatnya begitu pentingnya ‘coding’ di pelajari (sekolah). Lewat video singkat ini mereka berusaha memantik ketertarikan siswa untuk sudi dan mau belajar pemograman komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda