Scroll to Top

Peugeot 208 Hybrid FE: Mobil Konsep Ringan Pengembangan Tipe 208

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 27 Feb 2013

peugeot_208_hybrid_fe_22618

Pada gelaran Geneva Motor Show bulan depan, Peugeot akan membawa mobil konsep ringan yang bernama Peugeot 208 Hybrid FE. Konon, mobil ini didesain hingga mendapakan sisi aerodinamis yang lebih baik dengan berat yang lebih ringan. Untuk mendapatkan spesifikasi pada mobil ini, Peugeot menggandeng perusahaan minyak Total untuk pelaksanaan riset.

Seperti dikutip AutoExpress, mobil ini nantinya lebih hemat bahan bakar sekaligus rendah emisi. Jumlah emisi  karbondioksida yang dikeluarkan hanya 49 gram per kilometer. Dengan bobot  yang ringan, Peugeot 208 Hybrid FE bisa dipacu hanya 8 detik untuk menempuh 0-62 mil per jam.

Versi hybrid ini adalah pengembangan dari Peugeot 208 yang sudah rilis sebelumnya. Pada versi lama, Peugeot mengunakan mesin 1,0 liter VTi 68 bhp, yang memiliki emisi karbondioksida 99 gram per kilometer. Sementara saat dipacu dari 0-62 mil per jam, Peugeot 208 versi lama menempuhnya dalam 14 detik. Artinya, Peugeot 208 Hybrid FE ini nantinya satu langkah lebih baik dari versi non-hybrid.

Agar bodi 208 Hybrid FE tidak terlalu berat, Peugeot mengganti panel bodi dan jendela dengan serat karbon. Ditambahkan pula bahan komposit dan polycarbonat untuk lebih memangkas bobot. Walhasil, berat versi hybrid ini bisa 200 kilogram lebih ringan dari versi pendahulunya, Peugeot 208. Peugeot menambahkan ban dan roda khusus untuk mengurangi efek rolling resistance.

Pada mesinnya, 208 Hybrid FE mendapatkan sentuhan mesin tiga silinder 68 bhp dengan revisi pada siklus pembakaran. Selain itu, ditambahkan pula gearbox otomatis-manual EGC yang terintegrasi dengan motor listrik dan baterai yang diambil dari program ketahanan balap Peugeot.

208Wikipedia: Year 208 was a leap year starting on Friday of the Julian calendar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda