Scroll to Top

Estonia Miliki Stasiun Pengisi Daya Mobil Listrik Terbanyak di Dunia

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 27 Feb 2013

listrik charger

Sekali pun mobil listrik digadang bakal diminati sebagai pengganti mobil berbahan bakar minyak, namun ada kendala utama jika ada seseorang yang membeli mobil tersebut. Sebab, sampai saat ini belum terlalu banyak stasiun pengisian daya mobil listrik dalam jumlah yang banyak dan tersebar hingga tempat terpencil.

Inilah kemudian yang mengilhami negara Estonia selangkah lebih maju dibanding negara Eropa lainnya untuk menyediakan stasiun pengisian daya mobil listrik. Di sana sudah 165 stasiun pengisi daya yang secara kuantitas, jumlahnya paling banyak di dunia saat ini. Jumlah tersebut tersebar secara nasional di Estonia.

Sama seperti di Indonesia, pemerintah Estonia coba memasarkan mobil listrik dengan memberikan insentif atau pengurangan harga bagi warganya yang membeli mobil bebas emisi ini. Untuk tujuan ini, Estonia mengikat kesepakatan bersama Mitsubishi dua tahun lalu dalam memasok kurang lebih 500 mobil listrik, untuk didistribusikan ke konsumen.

Pemerintah Estonia telah mengambil kebijakan untuk menggalakkan mobil listrik karena ingin ikut berperan dalam menekan emisi karbondioksida di sana. Pemberian insentif juga ditujukan untuk menarik minat konsumen, yang jika tidak ada subsidi tersebut, maka harga mobil listrik menjadi mahal di sana. Apalagi, jarak tempuh mobil listrik yang cenderung pendek, membuat konsumen berpikir dua kali untuk membeli kendaraan ini.

Sementara itu, untuk proyek stasiun pengisian daya mobil listrik ini, Pemerintah Estonia mendapatkan dana dari kerjasama dengani Mitsubishi. Pelaksana proyek dilakukan oleh grup ABB. Pemerintah Estonia memandang perkembangan mobil listrik akan semakin bagus di negaranya. Tercatat saat ini sudah ada 619 mobil listrik, yang sejumlah 500 unitnya dipakai untuk mobil dinas pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda