Scroll to Top

Tips Terhindar Dari Bahaya Bakteri Salmonela

By C Novita / Published on Wednesday, 27 Feb 2013

bakteri salmonela

Setiap tahun tercatat ribuan orang di seluruh dunia mengalami penyakit akibat bakteri salmonela yang mencemari bahan makanan. Cara termudah untuk mencegah terjadinya infeksi dari bakteri salmonela adalah dengan menjaga kebersihan bahan makanan agar bakteri tersebut tak sampai masuk ke dalam pencernaan.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan agar terhindar dari infeksi salmonela. Dilansir oleh naturalnews, berikut ini diantaranya:

  • Bersihkan tangan. Saat memasak di dapur, biasakan selalu mencuci tangan dengan sabun usai memegang bahan makanan seperti telur, daging ayam, dan daging sapi mentah. Hal ini untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang bakteri salmonela yang berbahaya.
  • Lap bersih. Usai mencuci tangan, usahakan untuk menggunakan lap bersih khusus dalam mengeringkannya. Jangan sekali-kali menggunakan baju atau celana Anda untuk mengeringkan tangan agar bakteri tak menjalar ke bahan makanan kembali.
  • Kuku pendek. Kuku yang panjang dapat membuat bakteri hidup nyaman di bawahnya. Jika Anda cukup sering bekerja di dapur dan mengolah makanan, sebaiknya tidak mempunyai kuku yang panjang.
  • Masak hingga matang. Untuk produk makanan dari unggas, sebaiknya masak hingga matang. Ini untuk membunuhatau bakteri lain yang mungkin hidup di sana.
  • Talenan terpisah. Sebaiknya Anda memiliki 2 buah talenan yang digunakan terpisah untuk sayur, dan daging. Ini mencegah terjadinya kontaminasi silang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda