Scroll to Top

Pasangan Bertengkar Lebih Mungkin Alami Gangguan Tidur

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 27 Feb 2013

bertengkar

Pertengkaran yang terjadi antara pasangan bisa menimbulkan masalah gangguan tidur pada diri mereka. Dalam studi yang dilakukan Travelodge ditemukan, pasangan yang bertengkar bisa kehilangan waktu tidur sampai 90 meni per minggu hingga mereka kembali berdamai dan memulai lembaran hidup baru lagi.

Jika diakumulasi, kurangnya waktu tidur ini bisa menjadi persoalan serius. Sebab, orang yang kurang tidur cenderung lebih mudah terjebak stres, mudah marah, gelisah, hingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Walhasil, tekanan hidup yang sedang dihadapi oleh pasangan tersebut dapat meninggikan risiko terkena penyakit.

Dalam studi ini dilibatkan 2.000 pasangan di Birmingham, Manchester, Glasgow, Liverpool, London, dan Cardiff. Mereka ditemui memiliki masalah tidur saat konflik dengan pasangan. Rata-rata saat pasangan bertengkar, mereka terjaga tiga kali dalam seminggu. Dan, dalam setahun rata-rata terjaga selama 10 kali dengan akumulasi waktu kurang tidur sebanyak 8 jam.

Saat mereka bertengkar, tanda-tanda yang kerap muncul adalah gelisah, tidur mendengkur, dan sikap dingin antara pasangan. Seperlima pasangan mengatakan mengalami kegelisahan dan sering gugup selama pertengkaran belum berujung damai.  Sekitar 15 persen pasangan mengalami tidur mendengkur dan naiknya tekanan darah. Dan, 15 persen lainnya mengaku mendadak suhu tubuhnya meningkat yang membuat mereka terjaga.

“Penelitian kami menyoroti bahwa pertengkaran saat tidur di antara pasangan,berkembang (menjadi) kekhawatiran di Inggris. Di beberapa daerah, pasangan yang kehilangan setidaknya satu minggu untuk tidur dalam  setahun, bukan berita baik,” Shakila Ahmed, kata juru bicara Travelodge, seperti dikutip Times of India.

Untuk menghindari masalah gangguan tidur ini, sebaiknya para pasangan bisa lebih terbuka dan saling mencari solusi bersama ketika dirundung masalah. Konflik rumah tangga pasti ada. Namun, menyelesaikannya dengan segera dan tidak berlarut  bisa membantu untuk lepas dari kerugian yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda