Share

Di Amerika Serikut, ditemukan bahwa 1 dari 5 orang ternyata menggunakan media Facebook untuk mendapatkan informasi mengenai bencana alam.

Dikutip dari All Facebook, organisasi Palang Merah mengadakan studi dengan mengggunakan telepon dan online dari Caravan ORC International.

Beberapa hasil studi yang menarik untuk diketahui antara lain:

  • Sekitar seperempat dari populasi AS dan sepertiga dari populasi online menggunakan media sosial untuk mengetahui keberadaan keluarga dan teman-teman mereka ketika terjadi bencana.
  • 4 dari 5 (80%) dari populasi dan 69% responden online menganggap bahwa media sosial harus selalu dipantau oleh organisasi gawat darurat bencana untuk memberi bantuan secepatnya.

Menurut Trevor Riggen, Senior Director of Disaster Services Palang Merah AS, saat ini Facebook sangat berperan dalam penanganan bencana.

Seperti di Indonesia, berbagai bencana alam yang terjadi beberapa tahun belakangan ini turut menarik perhatian berbagai pihak yang menyatakan simpati mereka melalui media sosial. Melalui layanan ini pula berbagai bantuan nyata berhasil dikoordinasi untuk menolong mereka yang sedang dilanda bencana alam.

Banyak sekali orang yang menggunakan layanan jejaring sosial untuk saling bertukar gambar bencana, melaporkan berbagai peristiwa yang terjadi dan menyatakan bahwa mereka berada dalam kondisi aman.

Apakah Anda pernah menggunakan media sosial untuk mencari informasi mengenai bencana? Silakan bagikan pengalaman Anda.