Scroll to Top

FB Blokir Aplikasi Vintage Camera

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 28 Feb 2013

vintage cameras

Setelah Yandex dan Vine, Facebook kembali memblokir aplikasi bandel. Kali ini yang jadi korban adalah aplikasi yang mirip dengan Instagram. Apa alasan FB blokir Vintage Camera?

Vintage Camera adalah aplikasi yang berjalan di iOS (iPad, iPhone, dan iPod Touch). Aplikasi ini masuk ranah pengolah gambar atau foto yang miliki fitur foto filter laiknya Instagram.

Vintage Camera ditengarai digunakan lebih dari 10.000 pengguna di Facebook. Berjalan di iOS 4.3 ke atas, aplikasi ini berversi 1,9 dan dimutakhirkan terakhir pada 10 November 2012 lalu (unduh di sini). Lantas apa masalahnya?

Apakah karena Vintage Camera miliki fitur mirip Instagram sehingga Facebook memblokirnya? Tentu saja tidak. Jika kita menilik ke belakang, Facebook pernah pula lakukan hal ini ke aplikasi Twitter Vine.

Tatkala gaduh konten porno di Vine, tak lama kemudian Facebook memblokir aplikasi tersebut. Namun itu bukan alasan utama pemblokiran ini. Sama seperti Vintage Camera, alasan utama Facebook sebab aplikasi tersebut tidak saling berbagi data.

Vintage Camera
Vintage Camera

Namun menurut BBC, Facebook miliki alasan lain memblokir Vintage Camera. Dikuti dari AllFacebook Kamis (28/02/13), aplikasi tersebut miliki feedback buruk dari pengguna (Facebook).

Co-Founder Vintage Camera Antoine Marcos bahkan mengamini jika ada 1feedback negatif per 1.000 foto yang dibagikan di aplikasi ini. Namun sayangnya ia maupun Facebook tak menyebut atau menjelaskan apa isi feedback negatif tersebut.

Dengan pemblokiran ini maka pengguna Vintage Camera tak bisa meneruskan foto yang diunggah ke Facebook. Pihak Vintage Camera sendiri masih menyayangkan sikap Facebook dan berharap jejaring sosial tersebut mencabut kebijakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda