Scroll to Top

Lionel Messi Butuh Istirahat?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 28 Feb 2013

Lionel Messi Butuh Istirahat

Lionel Messi dikabarkan demam oleh dokter klub sehingga tidak mengikuti latihan Barcelona pada Rabu lalu. Keadaan ini mungkin akan menimbulkan pertanyaan. Apakah Barcelona akan baik-baik saja andai King Leo absen? Adakah ini berkaitan dengan meredupnya performa Sang Messiah dalam laga melawan AC Milan dan Real Madrid?

Ketika Barcelona terdepak oleh Real Madrid di El Clasico dini hari kemarin, ada guyonan, sebagai berikut, “Telah hilang seorang bocah bernama Lionel Messi. Terakhir kali terlihat di Italia memakai seragam warna gradasi oranye-kuning. Siapa pun yang mengetahui harap menghubungi Barcelona secepatnya.” Sebuah guyonan yang sedikit sinis, tapi bisa menggambarkan apa yang terjadi selama seminggu ini.

AC Milan, Sevilla, dan Real Madrid menjadi saksi kala Si Nomor 10 Barcelona, pria yang disebut berasal dari planet lain, tak kuasa tampil luar biasa selamanya. Dalam laga melawan Milan dan Madrid, King Leo seperti ‘hilang’. Sementara, meski mencetak gol ke gawang Sevilla, Si Nomor 10 juga tampil kurang mengesankan, kontras dengan biasanya.

Jika dilihat dari menit bermainnya, King Leo memang telah melewati ‘batas’. Biasanya, para pemain sepakbola ‘normal’ akan mengalami kendala ketika sudah bermain lebih dari 3000 menit. Performa mereka akan turun. Sejauh ini, dengan Barcelona saja, Si Nomor 10 sudah berlaga selama 3351 menit. Di Liga Spanyol, King Leo sudah bermain selama 2284 menit. Hanya seorang Victor Valdes yang melebihi jumlah menit bermain Messi (2342 menit).

Musim lalu, keadaan yang sama juga sempat menimpa King Leo, dan bahkan seluruh awak Barcelona. Kejadiannya berlangsung selama bulan Januari-Februari 2012. Bedanya, ketika itu, dengan masalah serupa, Barcelona bisa melaju di tiga ajang sekaligus, sebelum akhirnya tumbang di Liga Champion dan Liga Spanyol pada bulan April.

Nah, mengingat keadaan Messi saat ini, butuhkah ia beristirahat? Bukankah pada uji coba pramusim, Tito Vilanova sempat memikirkan kemungkinan untuk memakai orang lain dalam skema ‘False Nine’, misalnya seorang Thiago Alcantara? Ataukah performa Messi yang menurun, hanya masalah penjagaan ketat para bek lawan semata?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda