Scroll to Top

AMD akan Jual Otak PS 4 yang Dimodifikasi

By Ditya / Published on Thursday, 28 Feb 2013
DualShock 4
DualShock 4

AMD dikabarkan akan menjual APU (Accelerated Processing Unit) Jaguar 8 core yang menjadi otak bagi konsol game terbaru andalan Sony, yakni PS 4. AMD dikabarkan akan memodifikasi dan menghapus teknologi Sony pada otak PS 4 tersebut dan menjualnya untuk umum sebagai jajaran produk APU AMD.

Hal ini akan memungkinkan pengguna komputer desktop untuk membangun komputer gaming dengan kemampuan setara konsol PS 4, karena AMD akan menjual otak atau APU yang digunakan oleh konsol PS 4 untuk umum.

Seperti yang kita ketahui, konsol Sony PlayStation 4 atau PS 4 ini ditenagai oleh prosesor besutan Advanced Micro Device (AMD) yang memiliki 8 inti pemroses atau 8 core yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon generasi GCN dan didukung dengan unified memory sebesar 8GB GDDR5.

Prosesor AMD Jaguar 8 core dan grafis Radeon yang digunakan oleh konsol PS 4 dikemas dalam sebuah chip tunggal yang sering disebut dengan APU. Grafis yang ditawarkan APU PS 4 tersebut cukup powerfull, yakni menggunakan teknologi GCN yang digunakan pada kartu grafis AMD Radeon HD 7000 yang mampu memuntahkan kinerja hingga 1,84 TFLOPS.

“Segala sesuatu yang telah dibagikan oleh Sony dalam chip tunggal adalah AMD (kekayaan intelektual), tapi kami belum pernah membangun APU seperti yang digunakan pada konsol PS 4 untuk kalangan umum di pasar.”

“Ini akan menjadi APU yang paling kuat dan powerfull yang pernah kami bangun sejauh ini,” kata John Taylor, kepala pemasaran Unit Bisnis Global AMD.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (27/02/2013), AMD akan memodifikasi APU PS 4 dengan menghilangkan beberapa properti teknologi milik Sony sebelum merilis dan menjualnya ke pasar.

Kabarnya, APU ‘otak’ PS 4 besutan AMD ini mulai dijual mulai akhir tahun 2013 ini, penasaran? Mari kita tunggu saja, belum ada informasi yang jelas mengenai harga yang ditawarkan untuk otak PS 4 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda