Scroll to Top

Tren Smartphone di MWC 2013, Layar Makin Besar & Kinerja Makin Cepat

By Ditya / Published on Thursday, 28 Feb 2013
MWC 2013
Mobile World Congress 2013

Ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 ini tak hanya menjadi ajang pamer smartphone dan teknologi baru oleh para vendor, tapi juga dapat menjadi parameter tren fitur smartphone di masa yang akan datang. Smartphone yang akan datang akan menawarkan layar yang semakin besar, kinerja yang makin cepat, dan kamera dengan resolusi makin tinggi.

Sistem Operasi Baru

Ajang MWC 2013 ini menjadi kesempatan emas bagi sistem operasi baru seperti Tizen OS besutan Samsung dan Intel, serta Firefox OS besutan Mozilla untuk unjuk kebolehan. Firefox OS terlihat lebih siap ketimbang Tizen OS, hal ini terlihat dengan hadirnya 2 smartphone Firefox OS yang siap meluncur ke pasar, yakni Alcatel One Touch Fire dan ZTE Open.

Alcatel One Touch Fire
Alcatel One Touch Fire

Ukuran Layar Semakin Besar

Smartphone masa depan akan mengusung ukuran layar yang semakin besar diikuti dengan peningkatan resolusi layarnya. Sebagian besar smartphone yang dipamerkan di ajang MWC 2013 ini mengusung layar berukuran 4 inci atau lebih besar lagi.

Resolusi layar ponsel juga terus meningkat, bahkan layar full HD 1920 x 1080 piksel telah menjadi tren smartphone kelas atas, sebut saja HTC One dan LG Optimus G Pro. Beberapa smartphone lainnya seperti ZTE Grand Memo menawarkan layar berukuran 5,7 inci dengan resolusi HD 720p.

Kinerja Smartphone Semakin Cepat

Kehadiran chipset baru seperti Qualcomm Snapdragon 600 yang digunakan oleh HTC One dan LG Optimus G Pro ini mendorong kinerja komputasi smartphone menjadi semakin cepat dan powerfull. ZTE Memo menawarkan chipset terbaru dan tercepat dari Qualcomm, yakni Snapdragon 800.

Tak hanya itu, Nvidia juga memamerkan dua chipset quad-core terbaru mereka yang menawarkan lompatan kinerja yang fantastis, yakni Tegra 4 dan Tegra 4i. Samsung pun tak mau kalah dengan memamerkan prosesor 8 core pertamanya, Exynos 5 Octa.

LG Optimus G Pro
LG Optimus G Pro

Resolusi Kamera Semakin Tinggi

Flagship smartphone era 2012 (Samsung Galaxy S3, HTC One X, iPhone 5) menawarkan kamera dengan resolusi 8 megapiksel. Namun, jajaran smartphone terbaru di ajang MWC 2013 mulai menawarkan resolusi kamera hingga 13 megapiksel, sebut saja LG Optimus G Pro, Huawei Asced P2, dan HTC One melalui teknologi Ultrapixel.

Jelly Bean

Hampir semua perangkat terbaru dengan sistem operasi Android yang meliputi smartphone dan tablet yang dipamerkan di ajang MWC 2013 ini telah menggunakan sistem operasi terbaru Google, yakni Android Jelly Bean.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda