Scroll to Top

Qualcomm Percaya Diri, Snapdragon 800 Mampu Kalahkan Tegra 4

By Ditya / Published on Thursday, 28 Feb 2013

Qualcomm Snapdragon 800

Qualcomm mengatakan dengan percaya diri bahwa chipset kelas teratasnya, Snapdragon 800 dapat dengan mudah mengalahkan pesaing terkuatnya, Nvidia Tegra 4. Nvidia sendiri beberapa waktu lalu sesumbar bahwa Tegra 4 adalah prosesor mobile tercepat saat ini.

Qualcomm sebagai pemimpin pasar chipset mobile ini masih percaya diri dengan chipset terbaru besutannya, Snapdragon 800, mampu mengalahkan Tegra 4 yang dibekali grafis GeForce ULP 72 core besutan Nvidia.

Senior Vice President Product Management Qualcomm, Raj Talluri, mengatakan bahwa perusahaannya tak khawatir dengan kehadiran pesaing tangguh seperti Nvidia Tegra 4 dan mengatakan bahwa Snapdragon 800 dapat mengalahkannya dengan mudah.

Snapdragon 800 sendiri adalah chipset terbaru dan tercepat besutan Qualcomm. Snapdragon 800 ini dilengkapi dengan prosesor quad-core Krait 400 dengan kecapatan maksimal hingga 2,3 GHz dan didukung oleh grafis Adreno 330.

Raj Talluri mengungkapkan berbagai kelebihan yang diusung oleh Qualcomm Snapdragon 800, yakni terintegrasi dengan modem LTE dan diklaim mampu menghasilkan kinerja yang tinggi dengan konsumsi daya yang rendah. Tak hanya itu, Snapdragon 800 juga memiliki kemampuan untuk memutar video Ultra High Definition atau UHD.

Sedangkan Nvidia Tegra 4 sendiri memang tidak mengintegrasikan modem LTE dalam chipnya, tapi spesifikasi Tegra 4 juga cukup tangguh. Tegra 4 dibekali dengan 4+1 core prosesor ARM Cortex-A15 yang dipadukan dengan grafis Nvidia GeForce ULP 72 core yang juga mampu memutar video UHD.

Sedangkan untuk solusi chipset pyang telah terintegrasi dengan modem 4G LTE, Nvidia menghadirkan Tegra 4i yang mengusung quad-core ARM Cortex-A9 r4 dengan kecepatan maksimal 2,3GHz dengan grafis GeForce ULP 60 core. Tegra 4i mungkin lebih cocok berhadapan dengan Snapdragon 600.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (27/02/2013), dilihat dari sisi dukungan vendor, Snapdragon tampaknya lebih unggul. ZTE Grand Memo menjadi perangkat pertama yang ditenagai oleh Snapdragon 800 dan akan segera meluncur ke pasar.

Sedangkan sampai saat ini belum ada smartphone atau tablet yang mengadopsi Tegra 4 sebagai dapur pacunya. Nvidia menjanjikan perangkat berbasis Tegra 4 akan hadir pada pertengahan tahun 2013 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda