Scroll to Top

Real Madrid Tak Memakai Tiki-Taka, Beda dengan Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 01 Mar 2013

Real Madrid Tak Memakai Tiki-Taka, Beda dengan Barcelona

Real Madrid berbeda dengan Barcelona yang menggunakan pola tiki-taka. Demikian sebut Xabi Alonso. Selain itu, sang gelandang bertahan menyatakan, La Decima, atau gelar kesepuluh Real Madrid, bukanlah obsesi kubu Santiago Bernabeu, melainkan target utama yang hendak dicapai musim ini. Untuk mendapatkan La Decima, Madrid pertama-tama mesti menghadapi Manchester United yang memiliki fans dan sejarah kuat, layaknya Los Blancos. Xabi juga menyebutkan, Jose Mourinho sebagai pelatih terbaik dunia.

Jika Barcelona dan Spanyol menguasai bumi dengan tiki-takanya selama beberapa tahun terakhir, maka Xabi Alonso menyebutkan, gaya Real Madrid berbeda. Menurutnya, “Tiki-taka bukan gaya kami. Kami memiliki tujuan yang jelas, yaitu, secepatnya mencapai kotak penalti lawan.”

“Kami memiliki para pemain yang berada di level lain, jika dibandingkan dengan klub-klub yang pernah saya bela dahulu. Para penyerang Real Madrid dapat menciptakan peluang kapan pun,” tambah sang gelandang jangkar.

Mengenai peluang Real Madrid untuk meraih kemenangan di Old Trafford dalam ajang Liga Champions, menurut Alonso, “La Decima (gelar kesepuluh) tak boleh menjadi obsesi, tapi di sisi lain, juga merupakan target utama.”

Madrid sendiri membutuhkan, minimal, hasil seri 2-2 atau lebih ketika melawan Manchester United jika ingin lolos ke babak berikutnya. Meski bermain di kandang lawan, bukan berarti hal ini tidak mungkin. Ketika menyingkirkan Barcelona, keadaan sama dihadapi Los Blancos. Bermain imbang 1-1 di kandang sendiri, nyatanya El Real bisa menang 1-3 di markas lawan.

Xabi Alonso tak lupa menyebut Jose Mourinho sebagai salah satu pelatih terbaik dunia. The Special One telah membuktikan kepemimpinannya yang dirasakan seluruh awak Real Madrid, dan membuat para prajuit Santiago Bernabeu, senantiasa bermental siap tempur dalam setiap pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda