Scroll to Top

10 Inovasi Mengagumkan yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

By Ibnu Azis / Published on Friday, 01 Mar 2013

10 Inovasi Mengagumkan

Dunia terus bergerak. Zaman terus berganti. Pun juga dengan teknologi yang terus berevolusi senada dengan perkembangan umat manusia. Teknologi plus inovasi, meningkatkan produktivitas kerja manusia. Inovasi ini terjadi di segala sektor industri teknologi. Dan berikut 10 inovasi mengagumkan yang mungkin belum pernah Anda dengar yang dikutip dari HowStuffWork Jumat (01/03/13).

10. Helm militer

Helm Tentara
Ilustrasi

DARPRA (Defense Advanced Research Projects Agency) berkerjasama dengan peneliti Arizona State University sedang bekerja untuk membuat helm militer yang miliki kemampuan ‘mengatur otak tentara’. Dengan helm tersebut para Panglima dan Jendral pengatur perang bisa megendalikan anak buah mereka lewat pengendali pikiran. Banyak yang mencibir ini karya fiksi ilmiah. Namun militer AS telah bersiap menguasai akal sehat serdadunya.

9. Printer pencetak pensil

Printer Pensil
Printer Pensil

P&P Office Waste Paper Processor bisa mengubah atau mendaur kertas bekas jadi pensil. Seperti printer umumnya namun mencetak pensil. Sederhananya, kertas bekas dimasukkan ke printer ini, kemudian kertas digulung dan dikompres sedemikian rupa dan keluar mesin dalam bentuk pensil mungil panjang. Pertanyaannya kemudian, apakah masih banyak perusahaan dan individu yang gunakan pensil, bukannya mereka lebih gemar ke digitalisasi (mengetik).

8. PrePeat

PrePeat
PrePeat

Perusahaan Jepang, Sanca Newtec menawarkan printer unik. Mereka menamakannya PrePeat. Printer ini mencetak dengan kertas khusus. Yang menjadi inovasi adalah, satu lembar kertas khusus tersebut bisa digunakan kembali hingga 1.000 kali, bukan sekali pakai. Lewat teknologi khusus pula tulisan (tinta) bisa dihapus dan kertas printer bisa digunakan untuk mencetak lagi. Harganya lumayan mahal. PrePeat dibanderol USD 6.000 dan 1 pak kertas khusus (1.000 lembar) seharga USD 3.3000.

7. Teknologi militer Pentagon

NAVs
NAVs

Mungkin banyak yang tidak mengetahui jika Pentagon menyisishkan miliaran dolar sebagai investasi mengambangkan senjata militer. Dana ini disebut dengan istilah ‘anggaran hitam’ dan berlipat jumlahnya sejak peristiwa 11 September. Dana yang dikucurkan lebih tinggi daripada anggaran Perang Dingin. Dan paten yang tercipta bahkan tidak terdaftar di United States Patent and Trademark Office (USPTO). Sebut saja Kendaraan Nano Udara (NAVs).

6. Mercedes-Benz BIOME

Mercedes-Benz BIOME
Mercedes-Benz BIOME

Kendaraan ini disebut-sebut sebagai moda transportasi organik. Jika dikendarai akan mengeluarkan oksigen murni. Mercedes-Benz BIOME disebut sebagai kendaraan masa depan yang aman dan nyaman dengan hanya menampung empat penumpang dengan berat hanya 454 kilogram. Anda tak akan menemukan mobil ini di dealer Mercedes-Benz terdekat.

5. Gadget pelindung canggih

Armor Body
Ilustrasi

Mungkin ini alat canggih yang dipakai Batman. Dipatenkan oleh penemunya di California tahun 2007 dengan tajuk ‘wearable shield and self-defense device’, didesain sebagai perangkat pelingung (tubuh) plus perisai, senjata (non) mematikan, dan perangkat komunikasi canggih dalam satu kostum. Kemungkinan besar gadget ini akan digunakan aparat penegak hukum di masa depan.

4. Bat Suit

Bat Suit
Bat Suit

Pada bulan Januari 2012, seorang penemu di Connecticut AS berhasil mendapatkan paten alat terbang dinamis yang bertenaga manusia. Alat ini dimodelkan mirip dengan gaya kelelawar terbang. Miliki sayap seperti kelelawar di bagian bawah kedua lengan, yang bisa terbuka ketika penggunanya terjun dari tempat ketinggian. Sama seperti alat yang digunakan William Lennox (Josh Duhamel) saat turun dari pesawat di film Transformer: Dark side of The Moon.

3. Kucing Taman Portable

Kucing Taman Portable
Ilustrasi

Pada tahun 2009, inovator yang berbasis di New York berhasil membuat kucing mainan portable. Kucing ini bisa berjalan, mengunyah makanan, dibawa ke taman, dan bermain bola benang. Solusi terbaik bagi mereka yang menginginkan seekor kucing namun tak ingin tercakar atau mengurusinya: memberi makan, memandikan apalagi membuang kotorannya.

2. Sirip pelat elektronik

Sirip plat elektronik
Ilustrasi

Mungkin alat ini terinspirasi dari pelbagai film James Bond. Dengan sirip plat elektronik seharga USD 79 (mobil) dan USD 74,99 (motor), Anda bisa menyembunyikan identitas (pelat nomor) kendaraan. Sirip plat elektronik ini nantinya bisa terbuka dan tertutp (flip up down) sesuai perintah.

1. Robot pemangsa hewan pengerat

Robot pemakan hewan pengerat
Ilustrasi

Tak perlu lagi jebakan atau perangkat tikus. Lewat sebuah robot ciptaan penemu Inggris Jimmy Loizeau dan James Auger ini, ia bisa menjadi predator berbahaya hewan pengerat yang kemudian dikonsumsi dan digunakan sebagai energi atau tenaga sendiri (sejenis baterai). Dua penemu itu miliki lima inovasi serupa berbeda dan memanfaatkan sensor gerak. Namun sayangnya ide ini hanya sebatas konsep semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda