Scroll to Top

Surface Pro & iPad, Tablet yang Paling Sulit Diperbaiki Jika Rusak

By Ditya / Published on Friday, 01 Mar 2013

Surface Pro Bongkar

Tablet Surface Pro besutan Microsoft dan tablet iPad besutan Apple dinobatkan sebagai tablet yang paling sulit diperbaiki jika mengalami kerusakan. Hal ini diungkapkan oleh iFixit, sebuah situs yang sering melakukan bongkar pasang gadget terbaru.

Sebelumnya, iFixit telah membongkar tablet iPad Mini dan iPad 4 yang merupakan produk tablet terbaru besutan Apple. Setiap melakukan bongkar pasang, iFixit tak hanya mencermati komponen yang digunakan oleh tablet tersebut, tapi juga memberikan rating repairability yang menunjukan seberapa jauh tablet tersebut dapat diperbaiki ketika salah satu komponen mengalami kerusakan.

iPad Mini dan iPad 4 mendapat rating repairability yang rendah dari iFixit karena banyak menggunakan lem dan perlu menggunakan peralatan khusus untuk membongkar tablet berlogo buah apel tersebut.

iPad 4 dibongkar

iFixit juga telah melakukan pembongkaran terhadap tablet terbaru Microsoft yang telah diluncurkan awal bulan lalu, yakni Surface Pro. iFixit juga memberikan rating repairability yang sangat rendah untuk tablet canggih Microsoft ini.

Bahkan, iFixit mengatakan bahwa tablet Surface Pro ini nyaris tak bisa diperbaiki jika rusak dan jika memang mengalami kerusakan, tampaknya replace atau membeli tablet baru adalah solusi yang paling tepat.

Tak hanya mengungkapkan tablet yang paling sulit diperbaiki, iFixit juga mengungkapkan tablet apa yang paling mudah diperbaiki jika rusak, siapa dia? tablet tersebut adalah Amazon Kindle Fire dan Dell XPS 10. Kedua tablet ini tak terlalu rumit untuk membongkarnya.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (28/02/2013), kedua tablet ini menggunakan kode warna pada sekrup dan kabelnya untuk memudahkan membongkar dan memasang komponen. Kedua tablet ini hanya memiliki satu kelemahan, yakni kaca pelindung yang menyatu dengan LCD, sehingga jika salah satu rusak, maka harus diganti keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda