Scroll to Top

Emmanuel Frimpong Diperebutkan oleh Inggris dan Ghana

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 27 Aug 2011

Kisah anak imigran “yang dibajak” kembali terjadi di Inggris. Beberapa waktu lalu, Maret 2011, Danny Welbeck, yang kedua orang tuanya warga negara Ghana, justru memperkuat Inggris. Pemain yang musim ini meroket bersama Manchester United ini bahkan memulai debutnya di timnas Inggris dengan menghadapi negara orang tuanya, Ghana.

Kini, kejadian serupa kemungkinan besar menimpa Emmanuel Frimpong. Pemain berusia 19 tahun ini dimasukkan ke timnas Inggris U-21 oleh pelatih Stuart Pearce. Frimpong akan dipakai jasanya untuk menghadapi Azerbaijan dan Israel.

Padahal, pemain dengan rambut unik ini pernah mengaku ingin bermain bersama timnas Ghana. Bahkan, Frimpong lahir di ibukota Ghana, Accra. Tentu saja timnas Ghana tidak mau kecolongan lagi seperti dalam kasus Danny Welbeck.

Maka, Ghana berusaha merebut kembali Frimpong. Ia tengah dibujuk untuk memperkuat Ghana yang akan berujicoba melawan Brazil di Craven Cottage, kandang Fulham, pada 5 September nanti.

Emmanuel Frimpong pernah berkata bahwa apa pun yang terjadi, ia akan bermain untuk Ghana. Bahkan, saking inginnya membela tanah kelahirannya, Frimpong juga menyampaikan, jika Ghana memanggilnya, ia akan naik sepeda dari Inggris ke Ghana demi mengejar mimpi tersebut.

Kenyataannya, Frimpong telah memperkuat Inggris U-16 dan U-17. Meskipun demikian, Frimpong memang masih bisa bermain untuk Ghana mengingat FIFA tidak “menganggap” pertandingan timnas junior hingga U-21 sebagai pertandingan resmi yang mengikat kewarganegaraan seseorang.

Frimpong sendiri melakukan debut untuk Arsenal pada saat mereka dibekap Liverpool 0-2 di Emirates Stadium. Dalam pertandingan tersebut, Frimpong terkena kartu merah. Gara-gara bermain dengan 10 orang pula, Arsenal terbobol dua gol di 20 menit terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda