Scroll to Top

Intel Haswell GT3 & GT2, Calon Pesaing Kuat AMD APU

By Ditya / Published on Saturday, 02 Mar 2013

Intel Haswell

Popularitas AMD APU (Accelerated Processing Unit) membuat Intel sebagai penguasa pasar prosesor x86 gerah. Intel dikabarkan telah menyiapkan prosesor Haswell GT3 dan GT2 sebagai pesaing tangguh AMD APU. Sebelumnya, Intel sempat mendemokan Haswell GT3 yang mampu imbangi grafis Nvidia GeForce GT650M.

Kinerja prosesor Intel memang harus diakui jauh lebih superior dan efisien dibandingkan pesaingnya, Advanced Micro Device (AMD). Namun, harus diakui pula bahwa kemampuan grafis Intel melalui HD Graphics masih kalah jika dibandingkan dengan Radeon HD yang terintegrasi di dalam produk AMD APU.

Intel dikabarkan telah menyiapkan Haswell GT3 dan GT2 untuk membendung AMD APU. Varian tercepat adalah Haswell GT3 yang dilengkapi dengan cache memory on board yang dibekali dengan grafis Intel HD Graphics 5200 yang nantinya akan dipadukan dengan prosesor quad-core Intel Haswell yang nantinya akan darahkan untuk pasar ultrabook.

Tak hanya itu, untuk kelas Haswell GT3 ini, Intel juga menyediakan versi murah yang dibekali grafis HD Graphics 5100 yang sedikit lebih lambat dibanding grafis HD 5200. Sayangnya, tak diketahui kecepatan prosesor maupun grafis yang ditawarkan oleh Haswell GT3.

Sedangkan untuk notebook kelas high-end, Intel telah menyiapkan Haswell GT2 dengan grafis Intel HD 4600. Tersedia pula Haswell GT2 untuk ultrabook versi murah yang dibekali dengan grafis Intel HD Graphics 4400 dan varian paling murah akan mengusung grafis HD Graphics 4200.

Seperti yang dilansir dari Fudzilla (01/03/2013), kehadiran Haswell GT3 dan Haswell GT2 ini patut diwaspadai oleh AMD, mengingat performa grafisnya diperkirakan mampu mengingmbangi GeForce GT 650M.

Sampai saat ini, Intel belum mengumumkan rilis resmi untuk prosesor Haswell GT3 dan Haswell GT2. Penasaran? Simak dulu video demo Haswell GT3 yang berhadapan langsung dengan Nvidia GeForce GT 650M berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda