Scroll to Top

Facebook, Google, dan Amazon Buat Permainan Riset Kanker

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 02 Mar 2013

Kanker

Guna pencarian obat kanker terbaru, beberapa perusahan teknologi terkemuka bergabung dalam sebuah penelitian. Facebook, Google, dan Amazon kembangkan sebuah game untuk keperluan riset penyakit kanker.

Para ilmuwan yang terlibat bekerjasama dengan sebuah badan amal kanker Inggris, Cancer Research UK, dalam wujud sebuah game lima menit yang mengeksplorasi data ilmiah penting terkait penyakit tersebut.

Tak kurang 40 tenaga ahli disatukan. Mulai desain grafis, developer, pakar game, dan spesialis lainnya, dalam event bertajuk ‘GameJame’. Mereka menyebutnya dengan ‘ilmuwan warga’. Mengubah data mentah yang dimiliki Cancer Research UK yang dikonversi menjadi bentuk permainan.

Carlos Caldas ilmuwan Cambridge Institute dari Cancer Research UK mengatakan, jika data terkait alasan genetik tumbuhnya kanker telah miliki kemajuan yang luar biasa. Namun tetap ada kelemahannya.

“Petunjuk yang ada dan mengapa obat tak bekerja harus dianalisa langsung oleh manusia yang mungkin bisa berlangsung tahunan,” ujarnya.

GameJame berlangsung di London Inggris mulai 1-3 Maret ini. Agensi terkait akan menkreasikan permainan sedemikian rupa dan jika sesuai rencana akan dirilis pada pertengahan 2013 nanti.

Setiap tahunnya kanker telah menelan korban hingga 7,5 juta nyawa. Lembaga Kanker Organisasi Kesehatan Dunia IARC memrediksi di tahun 2030 nanti angka penderita kanker di seluruh dunia akan melonjak hingga 75%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda