Scroll to Top

10 Orang Paling Tajir di Indonesia Versi Media China

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 03 Mar 2013

Chairul Tanjung

Jangan remehkan orang Asia. Jumlah orang paling kaya di muka bumi di benua ini mencapai 608 orang. Angka tersebut mengungguli Amerika Utara (440) dan Eropa (324).

Seperti diwartakan media China Hurun dalam Hurun Report yang dikutip dari Detik, Minggu (03/03/13), ada 1.453 orang kaya di dunia dengan kekayaan individu di atas USD 1 miliar. Dan berikut 10 orang paling tajir di Indonesia menurut media China tersebut.

10. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat

Ia ditaksir miliki kekayaan mencapai USD 1 miliar atau setara dengan Rp 9,5 triliun. Bermitra dengan Edwin Soeryadjaya (posisi ke-8), Theodore Rachmat menduduki orang terkaya di Indonesia posisi ke-10 lewat Adaro Energy-nya.

9. Tahir

Tahir

Di posisi ke-9 ada Tahir. Ia ditaksir miliki kekayaan sekitar USD 1 miliar atau Rp 9,5 triliun. Pria berusia 61 tahun ini dikenal lewat Mayapada dan beberapa perusahaan real estate-nya.

8. Edwin Soeryadjaya

Edwin Soeryadjaya

Ia dikenal sebagai pendiri Adaro Energy dan Saratoga. Hurun meletakkannya di posisi ke-8 dengan USD 1,1 miliar atau setara dengan Rp10,4 triliun.

7. Murdaya Poo

Murdaya Poo

Di posisi ke-7 diisi oleh Murdaya Poo. Ia fokus di bisnis entertainment lewat Central Cipta Murdaya. Miliki kekayaan sekitar USD 1,4 miliar atau setara dengan Rp 13,3 triliun.

6. Kiki Barki

Kiki Barki

Pria berusia 74 tahun ini ada di peringkat ke-7 dengan USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 14,2 triliun. Ia pemilik perusahaan Harum Energy.

5. Peter Sondakh

Peter Sondakh

Kemudian ada Peter Sondakh di posisi ke-5. Melalui Golden Energy Mines-nya, ia miliki pundi-pundi kekayaan mencapai USD 1,7 miliar atau setara Rp 16,2 triliun. Ia juga menyasar di bisnis investasi.

4. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong

Melalui Bayan Resources, Low Tuck Kwong berada di posisi ke-4 orang paling tajir di tanah air. Tercatat ia miliki kekayaan hingga USD 1,8 miliar atau setara dengan Rp 17,1 triliun.

3. Achmad Hamami

Achmad Hamami dan Keluarga

Lewat ABM Investama, Achmad Hamami menempati posisi ke-3 dengan USD 2,1 miliar atau sekitar Rp 19,9 triliun. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pertambangan khususnya batubara.

2. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung

Bos CT Corp ini tempati posisi ke-2 orang paling tajir di Indonesia. Harun mencatat kekayaannya mencapai USD 3 miliar atau sekitar Rp 28,5 triliun. Si anak singkong ini miliki banyak bisnis. Mulai industri entertainment, investasi, bank, hingga media.

1. Michael dan R. Budi Hartono

Michael dan R. Budi Hartono

Di posisi puncak ada nama Michael dan R. Budi Hartono. Usaha utama mereka di bidang perbankan dan rokok. Total Harun mencatat kekayaan Michael dan R. Budi Hartono mencapai USD 7,1 miliar atau sekitar Rp 67,4 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda