Scroll to Top

Tips Menurunkan Kadar Asam Urat

By C Novita / Published on Sunday, 03 Mar 2013

menurunkan asam urat

Pernahkah Anda merasakan nyeri di persendian tangan atau kaki, tubuh mudah pegal-pegal, dan kadang terserang kesemutan? Waspadalah. Bisa jadi itu adalah tanda bahwa kadar asam urat Anda mulai naik.

Asam urat sebenarnya adalah ‘sampah’ hasil metabolisme yang dilakukan oleh tubuh, dan jika levelnya meninggi, berarti tubuh tak mampu mengeluarkan kelebihan asam urat tersebut dengan maksimal.

Berikut ini adalah tips untuk menurunkan kembali kadar asam urat dalam tubuh Anda, sebelum menjadi komplikasi yang serius:

  1. Kurangi konsumsi makanan seperti daging merah, kacang-kacangan, garam, jamur, serta kembang kol. Makanan ini memiliki kandungan purin yang tinggi, sehingga merangsang terbentuknya asam urat di tubuh.
  2. Kurangi meminum soft drink dengan kadar fruktosa atau gula yang tinggi. Demikian pula camilan dan makanan yang manis.
  3. Jaga pola makan. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat agar berat badan Anda terjaga. Obesitas juga memicu tingginya kadar asam urat.
  4. Air putih dengan jumlah ideal sebaiknya Anda konsumsi. Dengan konsumsi air putih, maka metabolisme tubuh terjaga dengan baik dan zat-zat tak berguna seperti kadar asam urat yang berlebih dapat dikeluarkan oleh ginjal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda