Scroll to Top

Robot Astronot Milik NASA Aktif Ber-Twitter Dari Luar Angkasa

By Aisyah Indarsari / Published on Saturday, 27 Aug 2011

Beberapa waktu yang lalu, pihak NASA mengklaim bahwa Anda sudah bisa melakukan tweet dari luar angkasa. Dan hal ini dibuktikan dari tweet yang beredar di dunia maya mengatasnamakan NASA yang dikirim dari Stasiun Ruang Angkasa Internasionalnya.

Adalah Robonaut atau AstroRobonaut, nama sebuah robot milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA) yang diluncurkan ke stasiun luar angkasa demi membantu kegiatan operasionalnya akhir Februari 2011 lalu, yang memiliki sebuah akun Twitter dan aktif mengirimkan tweet nya dari luar angkasa.

Sebuah akun dengan nama @Robonaut yang diklaim milik NASA ini sudah cukup lama aktif mengirimkan tweet dan berinteraksi dengan followernya sejak beberapa bulan yang lalu. Bahkan, akun ini sudah memiliki lebih dari 48 ribu follower.

Apakah memang era masa depan sudah ada didepan mata? Seorang robot bisa dengan canggihnya berinteraksi dengan manusia, dari luar angkasa? Jangan terlalu berfikir jauh dulu.

Beberapa follower yang berinteraksi dengan robot ini memang banyak yang penasaran hingga menanyakan kebenaran tweet yang dikirimkannya. Apakah memang tweet tersebut memang tercipta dari kecanggihan sebuah robot, atau seperti yang mereka perkirakan, tetap saja dioperatori oleh staf NASA di bumi?

Berikut cuplikan tweet yang penulis kutip dari akun Twitter @Robonaut: Dan ternyata, sang Robonaut mengakui bahwa semua tweet yang ditulisnya merupakan bantuan dari “teman”nya di bumi. Jadi, sebenarnya apakah benar hal ini membuktikan bahwa Anda bisa mengirimkan tweet dari luar angkasa?

Apapun kebenarannya, tindakan serupa kampanye dan promo yang dilakukan NASA ini cukup menghibur (jika masih belum diakui cukup bermanfaat). Beberapa follower banyak yang menanyakan tentang informasi seputar perjalanan ke luar angkasa, bagaimana situasi di luar angkasa, dan posisi terakhir sang robot di atas sana.

Sesuai pengamatan penulis, hampir seluruh pertanyaan para follower nya dijawab dengan cukup informatif, dan tidak terkesan menggurui. Bahkan sedikit mungkin mencerminkan adanya emosi dalam setiap jawaban-jawabannya. Mungkin karena pihak NASA ingin memproyeksikan tweet tersebut semirip mungkin dengan ekspektasi followernya, yaitu benar-benar dikirimkan oleh seorang robot canggih di abad 21 ini.

Tidak seluruh follower mengajukan pertanyaan serius memang. Cukup banyak yang terkesan iseng dan konyol dengan pertanyaan dan pernyataan yang mereka lontarkan. Seperti salah satunya yang menanyakan apakah ia (Robonaut) adalah Iron Man yang sedang menyamar. Dan Robonaut pun menjawab “No, though that would be cool. Iron Man had legs”.

Jawaban Robonaut cukup miris memang, mengingat secara fisik ia adalah robot dengan kepala dan badan serupa bentuk manusia, tetapi bagian bawahnya merupakan kendaraan beroda 4.

Nah, jika Anda ingin ikut berpartisipasi dalam kecanggihan teknologi terbaru ini (dan sedikit hiburan yang mungkin juga bisa Anda baca), Anda dapat juga bergabung menjadi follower Robonaut, dan mengikuti update terbaru dari program NASA ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda