Scroll to Top

Intel Haswell Alami Masalah dengan USB 3.0

By Ditya / Published on Monday, 04 Mar 2013

Intel Haswell

Mendekati rilis prosesor generasi terbaru besutan Intel, yakni Haswell, malah muncul kabar bahwa prosesor terbaru Intel mengalami masalah dengan USB 3.0. Masalah ini muncul dari laporan Hardware.info yang mengklaim bahwa Intel mengalami masalah pada implementasi USB 3.0 pada produknya.

Intel Core generasi keempat yang dijuluki Haswell ini dilaporkan mengalami masalah dengan USB 3.0. Berdasarkan sebuah dokumen yang berasal dari salah satu mitra Intel, masalah akan terjadi ketika sebuah sistem Intel Haswell yang boot dari mode sleep (S3) maka perangkat yang terhubung pada salah satu port USB 3.0 akan mengalami masalah.

Masalah implementasi USB 3.0 pada Intel Haswell ini dikabarkan menyebabkan Adobe Reader menampilkan halaman kosong ketika membuka file PDF, video yang berhenti dan tak dapat di-resume dan beberapa masalah lain. Masalah ini dapat diselesaikan dengan cara melakukan reboot atau restart sistem.

Hal yang paling dikhawatirkan dari masalah implementasi USB 3.0 pada platform Intel Haswell ini bukan pada akibat seperti yang dijelaskan pada paragraf diatas, tapi resiko kehilangan data pada perangkat yang terhubung pada port USB 3.0, misal flashdisk atau hardisk eksternal.

Berdasarkan dokumen tersebut, mitra Intel meminta Intel untuk mengakui dan memperbaiki masalah implementasi USB 3.0 sebelum platform Haswell dirilis ke pasar pada pertengahan tahun 2013 mendatang. Sayangnya, sampai saat ini tak ada komentar atau tanggapan resmi dari Intel terkait masalah USB 3.0.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (03/03/2013), Intel Haswell adalah prosesor terbaru generasi keempat Intel. Haswell menjanjikan peningkatan performa prosesor dan grafis yang signifikan berkat hadirnya HNI instruction set, L4 cache layer, dan berbagai pengembangan dari generasi Sandy Bridge dan Ivy Bridge.

Tak hanya itu, Haswell juga menjanjikan konsumsi daya yang lebih rendah dan lebih efisien dari generasi sebelumnya. Intel juga menawarkan jajaran prosesor Haswell hemat energi yang hanya mengonsumsi daya hingga 10W saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda