Scroll to Top

55% Pengembang Game Buat Game Smartphone & Tablet

By Ditya / Published on Monday, 04 Mar 2013

Game Mobile

Menanjaknya popularitas perangkat mobile seperti tablet dan smartphone menjadi lahan subur untuk digarap oleh para pengembang game. Game Developers Conference melaporkan bahwa sekitar 55% pengembang game di seluruh dunia saat ini sedang mengembangkan game untuk pasar mobile yang meliputi smartphone dan tablet.

Sekitar 2.500 lebih pengembang game disurvei di ajang game Developers Converence di Amerika Utara. 55% dari pengembang game tersebut mengatakan bahwa mereka sedang mengembangkan game untuk perangkat mobile, baik untuk smartphone maupun tablet.

48% pengembang game yang disurvei mengatakan bahwa pihaknya sedang mengembangkan game untuk PC Windows dan Mac OSX, 13,2% sedang mengembangkan game untuk konsol Microsoft Xbox 360, 13% sedang mengembangkan game untuk konsol Sony PS 3.

Hanya 4,2 persen pengembang yang mengembangkan game untuk konsol game Nintendo Wii U, 4,2% sedang mengembangkan game untuk PlayStation Vita, dan hanya 2% pengembang yang mengembangkan game untuk konsol portabel Nintendo DS.

Berdasarkan hasil survei tersebut, tampaknya konsol game portabel seperti PlayStation Vita dan Nintendo DS akan semakin terdesak akibat meningkatnya mobile gaming melalui perangkat tablet dan smartphone yang memiliki fungsi yang lebih luas ketimbang konsol portabel.

Sedangkan game PC Windows dan Mac OSX serta konsol game tampaknya tak begitu terpengaruh dengan pesatnya perkembangan mobile gaming di smartphone dan tablet. PC dan konsol game masih memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh mobile gaming, sehingga mereka akan tetap bertahan.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (03/03/2013), perkembangan mobile gaming yang pesat ini sangat menguntungkan pengembang game, karena biaya pengembangan game mobile lebih murah dengan prospek yang menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda