Scroll to Top

Google Glass Belum Resmi Dirilis, Polisi AS Pakai Kacamata Canggih Saat Bertugas

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 05 Mar 2013

Kacamata polisi

Salah satu keunggulan dari kacamata pintar Google adalah kemampuan untuk merekam video. Meski Google Glass belum dirilis resmi, polisi AS bisa memeroleh kemampuan tersebut di kacamata canggih lainnya. Seperti apa?

“Kacamata itu mungkin tidak seperti milik Google. Merepa pula tak bisa terlihat jantan seperti Sergey Brin. Namun dengan menambahkan kamera video, akan menghindarkan dari keraguan,” tulis CNET News edisi Selasa (05/03/13).

Kepala Kepolisian Laurel Richard McLaughlin mengatakan pada CBS Baltimore jika kacamata itu adalah bagian dari strategi kepolisian. Dengan mengabadikan objek yang ada, maka pelaku tak bisa menyangkal fakta yang ada.

Teknologi demikian sejatinya bukan barang baru. Mobil-mobil polisi AS telah dilengkapi kamera video di dashboard. Namun kamera ini tidak dapat mobile dengan bebas.

Ada harapan namun ada pula kekhawatiran. Teknologi video kamera mobile di kacamata polisi ini diyakini bisa menekan aksi kejahatan secara maksimal. Namun bilamana video-video yang ada bocor secara online?

Sementara itu memang Google Glass belum dirilis namun gaungnya telah berdengung. Jika sesuai rencana akan diluncurkan tahun ini dengan banderol harga Rp 14,5 juta.

Jika polisi AS dibekali dengan Google Glass sebagai bagian dari peralatan kerjanya, tak bisa dibayangkan bagaimana was-wasnya penjahat diluar sana. Apakah kepolisian Indonesia berniat lakukan hal serupa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda