Scroll to Top

Bartendro, Robot Bartender Bertenaga Raspberry Pi

By Ditya / Published on Tuesday, 05 Mar 2013
Bartendro
Bartendro

Bartendro adalah sebuah robot unik berbasis komputer mini Raspeberry Pi yang memiliki kemampuan layaknya seorang bartender yang mampu meracik koktail. Meracik atau mencampur koktail memang bukan hal yang mudah, tapi Bartendro ini mampu melakukan tugasnya dengan baik.

Robot Bartendro yang memiliki kemampuan unik yang luar biasa ini dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Party Robotics. Robot Bartendro adalah sebuah robot mixologist yang dilengkapi dengan pompa peristaltik, dispenser kustom elektronik, food-grade tubing, dan sebuah komputer mini Raspberry Pi.

Bartendro ini bisa disebut juga sebagai disepenser cerdas yang dapat menghasilkan minuman dalam waktu kurang dari 10 detik. Robot unik ini mampu menghasilkan 200 minuman koktail dalam semalam tanpa harus istirahat seperti bartender manusia. Robot bartender ini juga masuk sebagai salah satu proyek di situs crowdfunding Kickstarter.

Pensukung awal robot Bartendro ini dapat membayar USD $249 untuk mendapatkan robot bernama Shotbot yang dapat menghasilkan minuman dari satu botol. Jelas, kemampuan Shotbot sangat jauh dibandingkan dengan Bartendro.

Pendukung yang tak puas dengan kemampuan Shotbot dan memiliki dana lebih dapat langsung membayar USD $2.499 untuk mendapatkan sebuah Bartendro yang mampu menghandel 15 botol minuman serta memiliki kemampuan sperti seorang bartender.

Lalu bagaimana cara menggunakan atau memerintahkan robot bartender Bartendro ini? Pengguna cukup menggunakan sebuah tablet atau smartphone untuk menyuruh Bartendro, menarik bukan?

Seperti yang dilansir dari CNET (04/03/2013), Party Robotics menargetkan dana dukungan untuk Bartendro hingga USD $135.000 untuk dapat membawa Bartendro menjadi sebuah produk massal dan dapat dijual dengan harga yang lebih terjangkau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda