Scroll to Top

Sony Bidik Posisi Tiga Besar di Pasar Smartphone

By Ditya / Published on Tuesday, 05 Mar 2013

Xperia Z dan Zl

Sony mulai serius untuk menggarap pasar smartphone kelas atas dan membidik posisi tiga besar di pasar smartphone. Merebut posisi ketiga di pasar samrtphone bukan hal yang mudah, banyak produsen smartphone besar seperti Huawei, ZTE, HTC, dan LG yang membidik posisi ini. Bahkan, Huawei lebih ambisius dan bertekad untuk mengalahkan Apple dan Samsung.

Seperti yang kita ketahui, saat ini pasar smartphone dikuasai oleh duo Samsung dan Apple yang menguasai lebih dari separuh pasar smartphone dunia. Sementara itu, posisi ketiga saat ini diperebutkan oleh vendor besar seperti Huawei, ZTE, HTC, LG, dan tentu saja Sony.

Sony menganggap bahwa saat ini lawan utamanya adalah Huawei, karena dari 219,4 juta smartphone yang terjual pada kuartal keempat 2012, Sony tertinggal dari Huawei. Sony menguasai 4,5 persen pasar dengan jumlah pengiriman mencapai 9,8 juta, tertinggal 0,4 persen dari Huawei.

Pembesut smartphone Xperia ini tampaknya tak lagi memandang Nokia dan BlackBerry sebagai pemain kuat di pasar smartphone. Meski saat ini kedua vendor tersebut sedang mengalami kemunduran, kedua perusahaan ini juga memiliki ambisi untuk mengembalikan kejayaan mereka dipasar smartphone.

Banyak analis memperkirakan bahwa seharusnya Sony cukup mudah untuk mengalahkan Huawei dan ZTE di pasar smartphone jika dapat mengkombinasikan strategi pemasaran yang didukung oleh portofolio produk yang memiliki daya saing kuat.

Saat ini Sony masih berkutat dengan smartphone Android melalui jajaran produk Xperia dan tahun 2014 perusahaan asal Jepang ini akan mencoba peruntungan dengan mendukung Firefox OS dan akan menghadirkan smartphone berbasis sistem operasi besutan Mozilla ini.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (04/03/2013), selain Huawei dan ZTE, mkasih terdapat dua vendor kuat di pasar smartphone. yakni LG dan HTC. HTC kabarnya akan lebih agresif tahun ini, sedangkan LG telah menghadirkan produk yang bervariasi untuk membidik semua segmen pasar smartphone.

Sony harus memiliki strategi yang matang untuk berhadapan dengan LG, Huawei, ZTE, dan HTC untuk merebut posisi ketiga di pasar smartphone. Sony juga cukup agresif dalam menghadirkan produk Xperia-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda