Scroll to Top

Persib Kalahkan Persija, Jajang Nurjaman Buka Rahasia

By Aditya / Published on Tuesday, 05 Mar 2013

Persib Persja 2013 van Dijk

Kemenangan bergengsi yang diraih Persib Bandung atas rival abadinya, Persija Jakarta, dengan skor mantap 3-1 dalam lanjutan kompetisi Indonesia Super League (ISL) beberapa waktu lalu ternyata bukan karena keberuntungan semata. Pelatih Persib, Jajang Nurjaman, pun membuka rahasia kemenangan yang diperoleh anak-anak asuhnya.

Dalam laga klasik tersebut, Persib unggul terlebih dulu lewat striker lincah asal Jepang, Kenji Adachihara. Namun, tim Macan Kemayoran tak mau kalah. Pedro Javier sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 yang bertahan hingga turun minum.

Nah, di babak kedua, Jajang Nurjaman mulai menerapkan strategi jitunya untuk mengalahkan Persija. Herman Dzumafo Epandi yang cidera terpaksa ditarik keluar dan digantikan oleh Atep yang berposisi sebagai gelandang.

Formasi Persib pun berubah dari 4-3-3 menjadi 4-4-2 dengan duet penyerang Kenji Adachihara dan Sergio van Dijk. Masuknya Atep membuat lini tengah Persib semakin kokoh karena di dalamnya ada nama-nama top seperti Firman Utina, Hariono, dan M. Ridwan. Absennya Mbida Messi yang belum kembali dari Kamerun tampaknya tidak terlalu berpengaruh.

Perubahan formasi ini ternyata membuahkan hasil positif. Tekanan yang dilancarkan tim Maung Bandung semakin banyak yang mengakibatkan salah seorang pemain Persija dikartu merah.

“Hasilnya kita lebih menekan. Selain itu, tadi Fabiano main keras dan kartu merah, itu menguntungkan buat kita,” ungkap Jajang Nurjaman.

Tak hanya itu, Sergio van Dijk pun sukses melesakkan dua gol tambahan dan memastikan kemenangan Persib atas Persija dengan skor 3-1. Jajang Nurjaman pun menyematkan pujian.

“Gol kedua dia (Sergio van Dijk) tadi juga bagus dan itu bukan kebetulan. Saya pernah melihat video dia melakukan tendangan begitu. Itu mungkin sudah khasnya,” kata Jajang Nurjaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda