Scroll to Top

AMD APU Richland Meluncur 12 Maret 2013?

By Ditya / Published on Wednesday, 06 Mar 2013

AMD FX

Advanced Micro Device atau AMD dikabarkan akan meluncurkan APU (Accelerated Processing Unit) generasi baru yang menggunakan nama sandi Richland pada 12 Maret 2013 mendatang. APU Richland sendiri adalah generasi penerus APU Trinity yang telah meluncur tahun lalu.

Berdasarkan roadmap AMD, APU Richland memang seharusnya dirilis tahun 2013 ini. Pesaing utama Intel di pasar prosesor ini diharapkan tidak mengundur rilis APU Richland, mengingat saat ini AMD masih ketinggalan soal performa jika dibandingkan dengan Intel.

Jika pada APU generasi Trinity, AMD memadukan prosesor dengan arsitektur Piledriver dengan grafis AMD Radeon seri 7000, maka pada APU generasi Richland ini AMD memadukan prosesor dengan arsitektur Enhanced Piledriver atau perbaikan dari arsitektur Piledriver yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon seri 8000.

Kemampuan grafis yang superior adalah salah satu fitur dan kelebihan yang ditawarkan AMD APU dibandingkan pesaingnya. Namun, jika AMD tak melakukan peningkatan kemampuan grafis pada APU Richland secara signifikan, bisa saja ia dilibas pesaingnya, mengingat Intel tengah menebar ancaman melalui Haswell GT3 dan GT2.

Berdasarkan informasi terdahulu, APU Richland akan hadir dalam enam varian prosesor dengan konsumsi daya yang berkisar antara 65W hingga 100W, sama seperti APU generasi Trinity yang meluncur lebih dulu. APU Richland ini kabarnya masih menggunakan soket FM2, sehingga pengguna APU Trinity adap meng-upgrade tanpa harus mengganti motherboard.

Seperti yang dilansir dari Fudzilla (05/03/2013), varian tertinggi dari APU Richland ini adalah AMD A10-6800K yang mengusung prosesor quad-core yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon HD 8670D disusul quad-core A10-6700K dengan spesifikasi yang sama, dengan kecepatan prosesor yang lebih rendah.

Radeon HD 8670HD ini akan menjadi ujung tombak grafis di keluarga APU Richland sekaligus menjawab tantangan Intel yang akan menghadirkan Haswell GT3 & GT2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda