Scroll to Top

Seagate Luncurkan Hardisk Hybrid untuk Desktop & Notebook

By Ditya / Published on Wednesday, 06 Mar 2013

SSHD hardisk

Alih-alih turut bersaing dengan meluncurkan SSD (Solid State Drive), Seagate merilis hardisk hybrid yang disebut dengan SSHD (Solid State Hybrid Drive) untuk pasar notebook dan desktop. Solusi SSHD dari Seagate ini menawarkan keseimbangan harga dan kinerja untuk media penyimpanan saat ini.

Seagate sebelumnya telah menghentikan penjualan hardisk 2,5 inci dengan kecepatan putar rotor 7200rpm dan memutuskan untuk terus menawarkan hardisk 2,5 inci 5400rpm untuk pasar notebook. Kini produsen pembesut produk Barracuda ini merilis SSHD generasi ketiga.

Saat ini, media penyimpanan SSD memang sedang naik daun, karena menawarkan kinerja yang jauh lebih cepat dibanding media penyimpanan konvensional seperti hardisk. Sayangnya, harga per GB SSD masih jauh lebih mahal ketimbang hardisk. Seagate menawarkan alternatif lain, yakni SSHD.

SSHD besutan Seagate ini tak jauh beda dengan hardisk konvensional, hanya saja Seagate menambahkan sebuah NAND flash SSD berkapasitas 8GB berjenis MLC (Multi Level Cell) yang berperan sebagai tambahan cache untuk meningkatkan kinerja SSHD secara keseluruhan.

Performa SSHD ini diklaim jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan hardisk konvensional, meski tak secepat SSD murni. Beberapa pihak menyayangkan SSHD besutan Seagate ini, karena SSD 8GB yang tertanam didalamnya dinilai terlalu kecil dan 32GB sebenarnya adalah kapasitas yang ideal untuk produk seperti SSD.

Seagate SSHD

Seperti yang dilansir dari Anandtech (05/03/2013), SSHD besutan Seagate ini tersedia dalam dua varian, yakni 2,5 inci untuk pasar notebook dan 3,5 inci untuk pasar desktop. SSHD untuk notebook tersedia dalam dua pilihan kapasitas, yakni 500GB dengan harga USD $79 dan 1TB dengan harga USD $99.

Sedangkan varian desktop juga tersedia dalam dua varian kapasitas, yakni 1TB dengan harga USD $99 dan 2TB dengan harga $149.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda