Scroll to Top

Beberapa Tips Untuk Browsing Dengan Cermat

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 27 Aug 2011

Kegiatan browsing di dunia maya memang menyenangkan, tapi kita sebagai pengguna juga harus pandai menjaga diri, maksudnya adalah, menjaga dari serangan-serangan dunia maya, sebutlah phishing, spamming, scam, dan semacamnya, dan itu semua tujuannya tentu tidak baik, utamanya adalah mendapatkan informasi pribadi anda untuk disalahgunakan.

Dikutip dari penulis Cnet, Seth Rosenblatt, berikut ini adalah rekomendasi cara browsing dengan aman dan pintar. Beberapa tips sederhana dia adalah, anda harus mengecek ulang URL situs yang anda kunjungi. Kebanyakan browser sekarang sudah bisa mendeteksi apakah situs yang kita kunjungi aman. Juga lebih baik anda mengetik URL situs secara langsung ketimbang mengklik dari situs lain/e-mail, juga lebih baik memilih HTTPS daripada HTTP saat mengunjungi suatu situs (jika memang situs tersebut mendukung enkripsi SSL).

Lalu bagaimana jika anda ingin mengunjungi suatu link yang anda dapatkan dari teman anda, yang dia post dari akun jejaring sosialnya? Mungkin anda langsung percaya dan langsung mengkliknya. Rekomendasi pertama adalah, gunakan Google Safe Browsing.

Lalu layanan yang sejenis adalah, hpHosts. Cukup masukkan alamat situs ke kotak pencarian, dan database mereka akan mengatakan apakah situs tersebut aman/pernah digunakan untuk phishing/malware selama 90 hari ke belakang dan layanan ini lebih detil dari Google Safe Browsing. Selain itu ada layanan Norton Safe Web dan Unmasked Parasites.

Banyak aplikasi keamanan hadir dengan browser add-on untuk mengecek langsung link yang ada, dan hasilnya juga sejalan dengan hasil scan dan akan muncul pemberitahuan apakah link yang kita kunjungi aman atau tidak. Berikut adalah contoh add-on dari AVG, yaitu AVG Link Scanner. Setidaknya dengan tips ini, kegiatan browsing anda semakin nyaman dan aman. (via Cnet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda