Scroll to Top

PSSI Gelar Kongres Biasa Setelah KLB, Ini Alasan Pentingnya!

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 07 Mar 2013

Ketua PSSI Djohar Arifin memberikan informasi bahwa terdapat penambahan agenda dalam penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) pada 17 Maret 2013.

Penambahan agenda kongres tersebut, menyangkut penetapan waktu dan tempat pelaksanaan kongres biasa setelah KLB.

Selain itu menurut Djohar Arifin, satu hal lainnya yang tidak kalah penting adalah pembubaran Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) setelah penyelenggaraan kongres biasa.

Djohar juga menegaskan bahwa pelaksanaan Kongres Biasa setelah Kongres Luar Biasa ini, memiliki makna yang sangat penting.

Pasalnya kongres bisa diperlukan untuk mengakhiri dualisme organisasi sepak bola nasional. Menurut Djohar, KPSI sebagaimana yang terdapat dalam MoU baru bisa dibubarkan setelah kongres biasa.

Djohar berharap La Nyalla memenuhi janjinya membubarkan KPSI, apabila kongres biasa telah terlaksana.

“Saya percaya dengan komitmen beliau (La Nyalla)” ungkap Djohar Arifin, Rabu (6/3/13)

Sebelumnya penambahan agenda kongres pada 17 Maret 2013 mendatang ini, pertama kali diungkapkan oleh La Nyalla Mattalitti.

Djohar Arifin pun tidak membantah, jika penambahan agenda tersebut terjadi setelah adanya kesepakatan dengan La Nyalla.

“Benar, penambahan agenda telah disepakati dengan Pak La Nyalla” jelas Djohar.

Keputusan menambah agenda tersebut, sebetulnya bertentangan dengan amanat dari FIFA.

Dalam surat FIFA beberapa kali menyatakan bahwa KLB hanya mengagendakan penyatuan liga, revisi statuta, pengembalian empat anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, dan peserta kongres adalah pemilih saat KLB PSSI pada Juli 2011.

Namun Djohar menyatakan tidak ada aturan yang dilanggar dengan penambahan agenda dalam KLB, karena dilakukan untuk mengakomodasi kesepakatan (MoU) antara PSSI dan KPSI di Kuala Lumpur Malaysia.

“Poin-poin pembahasan kongres nanti kan sebenarnya tindak lanjut dari MoU. Tapi, kami juga akan berkomunikasi lebih lanjut dengan FIFA. Jadi, tidak akan ada masalah” tegas Djohar Arifin.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda