Scroll to Top

Android Jelly Bean & ICS Tumbangkan Dominasi Gingerbread

By Ditya / Published on Thursday, 07 Mar 2013

Gingerbread tumbang

Android Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean akhirnya mampu menumbangkan penguasa pasar Android, yakni Android 2.3 Gingerbread. Secara umum, Android versi 4.0 ke atas telah menguasai pasar dan mengalahkan Android 2.3 Gingerbread yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu.

Kombinasi Android Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean menguasai 45,1 persen pasar dan mengalahkan Android 2.3 Gingerbread yang menguasai 44,6 persen. Meski demikian, secara individual, Android 2.3 Gingerbread masih merupakan versi Android yang paling banyak digunakan saat ini.

Saat ini, Android Jelly Bean yang terdiri dari dua varian, yakni 4.1 dan 4.2 menguasai 16,5 persen pasar dan Android 4.0 Ice Cream Sandwich menguasai 28,6 persen pasar, jadi total keduanya adalah 45,1 persen pasar. Peningkatan Android Jelly Bean dan Ice Cream Sandwich ini disebabkan karena sebagian besar perangkat baru telah mengadopsi kedua versi Android ini.

prosentase

Sedangkan Android 2.3 Gingerbread yang diluncurkan pada tahun 2010 lalu masih kokoh menguasai 44,6 persen pasar. Saat ini perangkat baru yang menggunakan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread memang sudah jarang, tapi masih ada beberapa produsen yang mengadopsi sistem operasi ini untuk perangkat dengan harga murah.

Sementara Android 2.2 Froyo masih menguasai 7,6 persen disusul Android 2.1 Eclair dengan 1,9 persen. Sementara itu Android Honeycomb menguasai 1,2 persen. Android versi paling lawas, Cupcake menguasai 0,2 persen. Android 1.5 Donut sudah tak lagi tampil di chart saat ini.

Seperti yang dilansir dari CNET (06/03/2013), Google juga dikabarkan akan segera merilis Android versi terbaru yang menggunakan nama sandi Key Lime Pie yang kemungkinan akan mengusung versi Android 5.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda