Scroll to Top

Kunyit Kaya Manfaat Untuk Kecantikan

By C Novita / Published on Thursday, 07 Mar 2013

manfaat kunyit untuk kecantikan

Kunyit yang bahasa latinnya Curcuma Domestica Vahl telah banyak digunakan sebagai bahan pembuat jamu dan kosmetika sejak jaman dahulu. Bahkan India telah mulai menggunakan rimpang kunyit pada 2.500 tahun yang lalu sebagai bahan obat tradisional.

Kunyit memiliki kemampuan untuk membunuh kumandan bakteri atau antiseptik. Karenanya, dalam beberapa bahan perawatan kecantikan tradisional, misalnya lulur atau masker, kunyit disertakan di dalamnya.

Manfaat kunyit untuk kecantikan pun cukup banyak, seperti dilansir oleh Metrotvnews berikut ini:

  • Anti aging. Manfaat kunyit untuk anti penuaan dini adalah, ia memiliki kemampuan pengelupasan kulit mati. Caranya, campurkan parutan kunyit dengan tepung gram, lalu dijadikan sebagai lulur ke seluruh tubuh. Atau bisa juga dengan campuran kunyit dan yogurt atau susu. Aplikasikan ke seluruh permukaan kulit tubuh hingga merata, dan biarkan kering. Bilas hingga bersih dengan air hangat.
  • Menghilangkan jerawat. Rimpang berwarna kuning ini berkhasiat pula mengurangi produksi minyak di wajah, dan mengurangi munculnya jerawat. Caranya, ambil bubuk kunyit atau parutan kunyit, tambahkan dengan beberapa tetes air lemon atau jeruk. Ratakan pada bagian kulit yang berjerawat. Biarkan hingga kering kurang lebih 15 menit. Lalu bersihkan dengan air dingin.
  • Menyamarkan strect mark. Anda punya guratan di permukaan kulit yang mengganggu, kunyit dapat sedikit menyamarkannya. Caranya, parut kunyit secukupnya dan tambahkan dengan yogurt atau tepung gram. Kemudian oleskan pada permukaan kulit yang terdapat strecth mark hingga rata. Lakukan pemijatan dan biarkan hingga kering. Lalu bilas dengan air dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda