Scroll to Top

5 Makanan Penangkal Stres

By C Novita / Published on Thursday, 07 Mar 2013

coklat hangat cegah stres

Stres dapat disebabkan oleh banyak hal, semisal pekerjaan, masalah keluarga, kemacetan lalu lintas, bahkan urusan asmara. Namun di atas semua hal tersebut, kondisi tubuh yang kuat akan membuat seseorang mampu mengatasi stres dengan mudah.

Konsumsi makanan dengan beberapa nutrisi tertentu, dalam berbagai penelitian terbukti mampu menangkal stres yang dialami seseorang. Seperti dilansir oleh Magforwomen, berikut ini adalah jenis makanan yang mampu menangkal stres:

  • Coklat

Penelitian terbaru mengungkap bahwa konsumsi 1,4 ons coklat(dark chocolate) setiap hari dalam 2 minggu mampu menurunkan hormon kortisol atau hormon stres. Coklat juga menstimulasi produksi serotonin, yaitu antidepresan alami dalam tubuh. Juga endorphin yang memicu munculnya mood baik. Selain itu coklat mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Konsumsi saja secangkir coklat hangat sebelum tidur, dan Anda akan tenang kembali saat bangun.

  • Keju

Selain memperkaya rasa hidangan, keju juga berkhasiat menurunkan stres. Ini sebab keju memicu produksi hormon serotonin di otak.

  • Bluberry

Walau kecil, bluberry punya manfaat yang besar. Kandungan vitamin C dan antioksidannya tinggi sehingga mampu melindungi sel dari radikal bebas penyebab kanker. Bluberry juga mampu mencegah stres dan menjauhkan kulit dari penuaan dini.

  • Kacang almond

Manfaat vitamin B12 dari almond, juga vitamin E dan potasium serta zinc-nya berkhasiat memicu produksi hormon serotonin. Vitamin E bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh serta menurunkan tekanan darah.  Hasilnya, stres dapat dilawan dengan mudah.

  • Ikan

Omega 3 pada ikan menjaga adrenalin tetap terkontrol dan menekan tingkat stres Anda. Perbanyak konsumsi tuna dan salmon, maka Anda terhindar dari stres dan depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda