Scroll to Top

Nvidia Tawarkan Dukungan PhysX & Apex untuk Konsol PS 4

By Ditya / Published on Friday, 08 Mar 2013

DualShock 4

Nvidia tampaknya tak membiarkan AMD menikmati sendiri hasil penjualan konsol PS 4. Pembesut grafis GeForce ini telah mengumumkan dukungan PhysX dan Apex untuk konsol terbaru besutan Sony tersebut. Seperti yang kita ketahui, konsol PS 4 memang ditenagai oleh komponen dari AMD.

Sony PS 4 ini ditenagai oleh prosesor x86 besutan AMD, yakni AMD Jaguar 8 core yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon HD berarsitektur GCN (Graphics Core Next) dan didukung dengan unified memori sebesar 8GB GDDR5.

AMD mengatakan bahwa yang digunakan oleh konsol PS 4 ini adalah SoC (System on Chip) yang bisa disebut dengan custom APU yang diintegrasikan dengan grafis GCN dengan 1.152 stream prosesor yang diklaim mampu menghasilkan kinerja hingga 1,84 TFLOPS.

Teknologi PhysX dan Apex yang ditawarkan oleh Nvidia untuk konsol PS 4 ini bukanlah sembarang teknologi. PhysX memungkinkan untuk menghasilkan efek ledakan, cairan, dan pergerakan partikel yang lebih realistis menggunakan hukum fisika.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (07/03/2013), Nvidia menyebut PhysX sebagai solusi sistem permodelan fisika yang memungkinkan pengembang untuk merancang dan menghadirkan efek real-time dan efek yang lebih nyata dan realistis dalam game.

Sedangkan teknologi Apex adalah sebuah teknologi yang dikembangkan dari basis teknologi PhysX yang memungkinkan pengembang game menciptakan efek yang rumit dan kompleks tapi tetap realistis. Teknologi PhysX dan Apex telah diterapkan Nvidia pada kartu grafis GeForce-nya.

“Teknologi fisika yang hebat sangat penting untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih baik dan dukungan multiplatform sangat penting bagi para pengembang. Dengan dukungan PhysX dan APEX untuk PlayStation 4, pelanggan dapat berharap untuk permainan yang lebih baik,” kata Mike Skolones, manajer produk PhysX di Nvidia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda