Scroll to Top

5 Mitos Unik Tentang Internet

By Ibnu Azis / Published on Friday, 08 Mar 2013

Internet

Internet miliki ribuan mitos sepanjang perjalanannya. Berikut ini 5 mitos unik tentang internet yang sempat diamini kebenarannya yang dikutip dari HowStuffWorks Jumat (08/03/13).

5. Ditemukan Al Gore

Ini merupakan mitos dalam mitos. Selain menemukan internet, Al Gore menklaim menemukan ‘apa saja’. Bulan Maret 1999, CNN mewancarainya dalam sebuah sesi untuk kampanye presiden AS. Dan kala itu Al Gore mengatakan:

“Selama pelayanan di Kongres Amerika Serikat, saya mengambil inisiatif dalam menciptakan internet serta mengambil inisiatif pula dalam memajukan berbagai inisiatif,” ujarnya.

4. ISP melacak Anda

Penyedia layanan internet (ISP) menyediakan layanan yang Anda butuhkan dalam akses internet. Jika memang situasi genting, memang itu bisa dilakukan. Sepertihalnya yang dilakukan oleh Homeland Security. Namun sesungguhnya hal itu tidak terjadi.

3. Internet dipenuhi dengan predator seks

Orangtua memang ingin anaknya aman dimana saja. Namun sifat paranoid muncul ketika men-judge internet adalah sarang predator seks. Tidak benar pendapat demikian. Internet miliki banyak manfaat dibanding mudaratnya.

2. Semua yang dibaca adalah benar

Anggapan ini tidak benar namun juga tidak salah. Banyak media terpercaya yang beredar di internet. Namun tak jarang muncul informasi abal-abal atau yang dikenal dengan istilah hoax. Satu hal yang wajib dilakukan adalah kroscek lintas media.

1. Internet buat Anda kaya

Ini masih terkait dengan poin sebelumnya. Tak sepenuhnya benar dan tak sepenuhnya salah. Banyak orang yang membuktikan berhasil dan sukses lewat internet. Namun ada orang-orang tertentu yang memanfatkan keluguan netizen demi menjaring pundi-pundi kantongnya. Jangan cepat terbujuk rayu muslihat akan iming-iming menggiurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda