Scroll to Top

Mengapa Makanan Jepang Menyehatkan?

By C Novita / Published on Friday, 08 Mar 2013

makanan jepang menyehatkan

Jika makanan sehat dari berbagai negara didata, maka makanan Jepang akan menduduki tempat pertama. Mengapa? Sebab makanan Jepang lebih cenderung natural, dan tak banyak diolah. Nutrisi yang terkandung dalam banyak jenis makanan Jepang tersebut tidak banyak hilang karena proses pengolahannya yang ‘sederhana’.

Bahan-bahan untuk bumbunya pun sangat alami, mereka sedikit sekali menggunakan bahan pengawet. Nah, ingin tahu lebih banyak mengapa masakan Jepang sangat sehat? Dilansir oleh Boldsky, berikut ini sebabnya:

  • Baik untuk jantung. Kebanyakan sumber protein yang dikonsumsi oleh masyarakat Jepang adalah ikan, terutama ikan laut. Ikan laut kaya akan asam lemak omega 3 yang terbukti baik untuk kesehatan jantung. Sehingga orang Jepang konon jarang terserang penyakit jantung.
  • Makanan rebus. Masakan Jepang kebanyakan dihidangkan dengan cara direbus atau dikukus. Jarang ada hidangan Jepang asli yang digoreng. Ini menyebabkan hidangan mereka lebih sehat.
  • Kedelai. Banyak bahan makanan Jepang yang terbuat dari kedelai, misalnya berbagai jenis kecap, dan kaldu. Selain itu, kedelai yang mereka gunakan sangat sedikit yang menggunakan bahan pengawet, sehingga lebih sehat dan berprotein.
  • Tumis. Banyak masakan Jepang yang digoreng dengan sistem tumis, sehingga minyak goreng yang digunakan tak banyak.
  • Sedikit garam. Masakan Jepang juga menggunakan hanya sedikit garam, sehingga kadar sodium mereka sedikit.
  • Ketela. Masyarakat Jepang menyukai konsumsi ketela sebagai sumber karbohidrat, yang terkenal kaya antioksidan. Karena pengolahannya yang tepat, maka sumber antioksidan tersebut menyehatkan mereka.
  • Rumput laut. Makanan Jepang banyak yang berasal dari laut, salah satunya adalah rumput laut. Jenis rumput laut Jepang sangat kaya mineral dan nol kalori. Ini sangat sempurna untuk kesehatan mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda