Scroll to Top

Seni Menyusun Batu, Seniman Swiss Tumpuk Dua Batu Raksasa

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 09 Mar 2013

Seni Menumpuk Batu

Dua bocah laki-laki dan perempuan berdiri di dua batu besar. Batu ini tertumpuk jadi satu. Jika dua batu ini jatuh ke mereka, mungkin nyawa dua bocah ini bisa melayang. Dua batu tertumpuk ini sengaja disusun di Hyde Park, London, Inggris. Seni menumpuk batu, senimannya orang Swiss sengaja memamerkannya.

Jika batu-batu besar bertumpuk, sering dijumpai di tanah air. Namun penumpukannya tentu saja tidak disengaja. Misalkan di tepi sungai-sungai gunung atau di dekat wisata air terjun. Sering dijumpai fenomena batu-batu besar bertumpuk. Atau jika Anda pernah berkunjung ke pegunungan, hal tersebut juga bisa dijumpai.

‘Rock on Top of Another Rock’, begitulah menyebut dua batu besar bertumpuk ini. Seni menumpuk batu itu dipamerkan di Serpentine Gallery di Hyde Park London beberapa hari yang lalu.

Memang tumpukan dua batu besar tersebut terkesan taka man atau miliki potensi berbahaya. Jatuh misalnya. Namun sang seniman, Peter Fischli, menyakinkan jika tak ada resiko untuk itu.

Seni Menumpuk Batu 2
Peter Fischli

Berbicara pada Evening Standard ia berkata jika di sudut tertentu, Peter Fischli masih miliki keraguan.

“Batu tersebut sempurna untuk diletakkan di taman ini,” ujarnya.

Patung’ batu tersebut akan berada di Kensington Garden selama 12 bulan ke depan. Sedangkan ide dibalik pembuatannya merupakan pekerjaan jangka panjang kolaborator dengan David Weiss, terinspirasi dari pekerjaan serupa di Norwegia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda