Scroll to Top

Cara Orang Jepang Menikmati Sake

By C Novita / Published on Saturday, 09 Mar 2013

cara minum sake

Jepang punya kebudayaan yang unik dan lestari, sebab masyarakatnya bangga dan menjaga budaya mereka tersebut. Mulai dari minum teh hingga minum sake, ada tata cara tersendiri yang tak berubah dari jaman kakek nenek mereka.

Sake adalah sejenis minuman keras tradisional Jepang yang dibuat dari hasil fermentasi beras tanpa distilasi. Masyarakat Jepang punya waktu khusus untuk mengonsumsi sake, yaitu saat musim salju atau musim dingin.

Meminum sake saat musim salju atau musim dingin bermanfaat membuat tubuh mereka hangat kembali, sebab minuman tersebut mengandung alkohol.

Tak seperti minuman keras lain yang dimasukkan dalam wadah botol kaca, sake punya tempat khusus yaitu sebuah keramik yang mirip bentuknya dengan vas bunga kecil, bernama tokkuri.

Orang yang meminum sake biasanya akan menuang tokkuri ke dalam o-choko atau cangkir kecil terbuat dari keramik juga. Uniknya, sake dapat dihidangkan dalam suhu panas, atau dingin.

Mirip seperti teh, orang yang mengkonsumsi sake akan ditemani dengan beberapa penganan dengan porsi kecil. Misalnya sushi atau sashimi, dan berbagai hidangan yang terbuat dari ikan laut. Ini untuk membuat mereka makin hangat.

Nah, Anda ingin mencobanya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda