Scroll to Top

Memanfaatkan Peppermint untuk Merawat Kulit

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 09 Mar 2013

daun mint

Daun peppermint tidak hanya nikmat dimanfaatkan sebaai pelengkap dalam makanan dan minuman. Sebab, daun ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyehatkan dan menjaga kecantikan kulit. Dikutip Boldsky, peppermint mengandung zat antibakteri dan antimikroba. Daun ini juga dikenal membantu menangani masalah pencernaan dan sakit kepala. Kabar baiknya, produk minyak peppermint saat ini mudah sekali didapat.

Untuk kecantikan kulit, mentol dalam peppermint membuat kulit terasa sejuk dan dingin. Sehingga, mentol baik untuk mendinginkan kulit dan kepala. Sementara untuk perawatan kulit lainnya, peppermint dapat dipakai untuk manfaat berikut ini:

  1. Mengatasi masalah kulit berminyak. Daun peppermint sudah lama dipakai untuk menangani kulit berminyak. Kandungan mentol dalam peppermint berguna untuk mengurangi sekresi minyak dari kelenjar sebaceous. Inilah yang kemudian membuat kulit lebih bebas dari minyak alami yang berlebihan.
  2. Menenangkan kulit yang teriritasi. Peppermint memiliki sifat dingin. Saat Anda mengalami peradangan kulit, digigit serangga, kulit terbakar, atau terdapat ruam, Anda bisa menerapkan minyak peppermint pada tempat yang teriritasi. Untuk hasil terbaik, Anda dapat mengoleskannya dengan madu murni untuk mendapatkan manfaat antioksidan dan antibakteri. Sebelum memakai minyak peppermint, encerkan dulu minyak tersebut sebelum digunakan.
  3. Membantu mengobati jerawat. Mentol pada peppermint memberikan efek dingin, dan menyembuhkan peradangan yang muncul karena jerawat di wajah.
  4. Memberikan proteksi dari paparan sinar matahari. Daun peppermint kaya dengan vitamin A, C, asam folat, dan asam lemak omega-3.  Efek dingin dan kandungan nutrisi tersebut dapat memerangi masalah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda