Scroll to Top

Lawar Ikan Teri, Sushi ala Nusa Tenggara Timur

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 09 Mar 2013

lawar ikan teri

Menu dengan ikan mentah tidak hanya terdapat di Jepang. Pasalnya, di Nusa Tenggara Timur (NTT), masyarakat juga terbiasa memakan menu dengan ikan mentah sebagai santapannya. Hanya saja, menu ini dibatasi untuk pemakaian ikan teri segar dan bukan sembarang ikan. Masyarakat di sana menyebut hidangan tersebut dengan nama Lawar Ikan Teri.

Menu ini diolah dengan cita rasa pedas. Tapi, buat Anda yang tidak terbiasa dengan makanan pedas wajib waspada. Cabai yang dipakai adalah jenis yang tidak biasa. Orang sana menyebut cabai ini dengan Lombok Padi. Sekali pun bentuknya kecil, pedasnya luar biasa. Perbandingan pedasnya adalah satu cabai ini setara dengan empat cabai yang biasa ditemui umumnya di pasar tradisional. Mantab, kan?

Sekali pun Lawar Ikan Teri ini memakai ikan yang mentah, tapi dijamin tidak amis. Tapi syaratnya, ikan teri yang dipakai harus benar-benar segar. Semakin segar ikan teri, maka bau amis cenderung tidak ada. Dan, pada pengolahannya, isi perut ikan harus dikeluarkan. Menariknya lagi, proses pengeluarannya dilakukan satu per satu pada setiap ikan. Jadi, harus berpacu dengan waktu agar ikan tetap segar saat dimakan.

Untuk membuat sebuah menu Lawar Ikan Tawar, bahan lain yang perlu disiapkan adalah cabe rawit, daun bawang, bawang merah, daun kemangi, tomat, garam, dan daun ketumbar sebagai pelengkap. Semua bahan disatukan dan diaduk sembari memasukkan perasan jeruk nipis. Setelah itu Lawar siap disajikan dengan jagung bose, yaitu bubur jagung yang diberi santan.

Seperti dikutip dari Tourism News, masyarakat Timor juga mengenal Lawar Sayur. Dulu pernah ada Lawar yang memakai bahan utama hati sapi. Namun, bahan tersebut jarang dipakai dan masyarakat lebih suka memakai ikan teri mentah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda