Pasangan Sesama Jenis Memiliki Tingkat Kesehatan Lebih Buruk

homo

Memilih hidup menjadi pasangan gay atau lesbian memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki kesehatan yang lebih buruk dibandingkan pasangan heteroseksual (pria-wanita). Memburuknya faktor kesehatan pasangan sesama jenis ini memiliki tingkatan yang sama, sekali pun mereka berada pada kelas sosial atau ekonomi menengah ke atas. Demikian menurut hasil studi dari Michigan State University seperti dikutip Times of India.

Menurut peneliti, pernikahan memang membawa konsekuensi kesehatan yang lebih baik berdasarkan berbagai studi yang telah ada sebelumnya. Tapi, peneliti mendapati hal tersebut mungkin kurang berlaku bagi mereka yang menikah dengan sesama jenis.  Hui Liu, peneliti studi ini mengatatakan, hal ini terjadi kemungkinan dipicu oleh pertentangan dari masyarakat terhadap hubungan sesama jenis yang secara tidak langusng mempengaruhi psikis dan kesehatan.

Pada studi ini, Liu dan rekannya menganalisa tingkat kesehatan dari catatn sekitar 700 ribu orang, yang menjadi sampel dalam National Health Interview Surveys pada tahun 1997 hingga 2009. Dari data yang ada, terdapat 3.330 pria dan wanita yang mereka adalah penyuka sesama jenis.

Dari analisa data disimpulkan, pelaku hubungan sesama jenis memiliki tingkat kesehatan yang jauh lebih buruk dibandingkan pasangan heteroseksual, sekali pun memiliki tingkat sosial ekonomi yang sama. Liu mengatakan, rendahnya tingkat kesehatan ini bisa jadi dipicu kurangnya dukungan sosial, psikologis, dan kelembagaan yang mengesahkan hubungan pasangan sesama jenis. Sementara itu, pelaku homoseksual juga mengalami stres yang tinggi karena mereka merasa didiskriminasi dan adanya semacam hukuman sosial dalam masyarakat.

Studi ini diterbitkan dalam Journal of Health and Social Behavior. Dalam studi turut mempertimbangkan tingkat pendidikan, asuransi, dan pendapatan.

Komentar Anda

Leave A Response